Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri Secara Otomati

HP android error

Memiliki ponsel yang kerap mengalami restart sendiri tentu sangat mengganggu. Terlebih jika kondisi tersebut berlangsung terus menerus. Namun dengan beberapa langkah sederhana, anda juga bisa mengatasi kondisi smartphone yang demikian. Jika ingin mengetahui penyebabnya, sebaiknya lakukan perbaikan dari cara yang paling sederhana dulu. seperti dengan melakukan reboot smartphone. Reboot smartphone akan membuat ponsel bekerja lebih optimal dan kondisi ponsel yang kerap melakukan restart sendiri bisa anda atasi secara mudah.

Namun setelah reboot ponsel tetap stagnan tanpa perubahan, maka jalan lain mesti anda tempuh. Misalnya dengan membatalkan kondisi root pada smartphone, menginstall antivirus, hingga memeriksa aplikasi apakah sudah sesuai dengan sistem yang ada pada android anda. Jalan terakhir dalam mengatasi kondisi demikian adalah dengan melakukan factory reset. Factory reset sangat membantu dalam mengembalikan kondisi smartphone menjadi lebih baru lagi. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk cara mengatasi smartphone android yang sering restart sendiri.

Berbagai Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri

1. Reboot Smartphone
Cobalah matikan smartphone terlebih dulu kemudian cepat perangkat yang melekat di dalamnya. seperti SIM Card, baterai dan memori ekstenal. Diamkan perangkat beberapa saat kemudian pasang kembali komponen yang tadi anda lepas. Nyalakan smartphone kembali. Biasanya untuk kasus ringan cara semacam ini sudah bisa membuat smartphone normal lagi. Namun jika gagal anda mesti menggunakan cara selanjutnya.

2. Unroot Smartpone
Cara satu ini hanya bisa dilakukan untuk ponsel yang sudah di root sebelumnya. Unroot ponsel akan membuat sistem Android asli kembali seperti semula. Gunakan aplikasi khusus unroot smartphone. seperti Super User atau Root Explorer. Setelah proses Unroot sistem android akan normal kembali sehingga keluhan restart otomatis bisa dihilangkan secara lebih optimal.

3. Install Antivirus
Smartphone yang terkena virus juga menyebabkan kondisinya mengalami restart secara otomatis terus menerus. Untuk mengatasinya, cobalah pasang aplikasi antivirus. Misalnya AVG, Avast Mobile, 360 Security, hingga Clean Master. Antivirus setelah diinstal di smartphone android secara otomatis akan melakukan scanning file pada smartphone anda. Scanning sebaiknya dilakukan di penyimpanan internal dan eksternal untuk melacak lebih dalam dimana letak virus menginfeksi.

4. Periksa aplikasi smartphone
Aplikasi yang tidak kompatibel dengan spesifikasi dan sistem android anda juga akan menyebabkan perangkat mengalami restart secara otomatis. Tidak sesuainya aplikasi dengan sistem android akan membuat perangkat tidak berjalan lancar. Beban RAM pun bertambah sehingga perangkat makin mudah melakukan restart sendiri. Coba periksa aplikasi apa saja yang telah anda install. Jika ada yang mencurigakan dari salah satu aplikasi tersebut sebaiknya segera copot pemasangannya.

5. Factory reset
Jika segala cara sudah dilakukan dan hasilnya nihil, maka lakukan langkah terakhir ini yaitu Factory Reset. Smartphone akan dikembalikan ke pengaturan awal ketika pertama kali membeli. Masuk ke menu pengaturan kemudian pilih sub menu backup and reset. Setelah itu tekan menu Factory data reset. Anda pun bisa masuk ke menu recovery mode kemudian pilih Wipe data/factory reset sebagai alternatif cara lain mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.

Itu dia beberapa cara mudah mengatasi ponsel android yang sering restart sendiri. tertarik mencobanya? Semoga bermanfaat.

No Response

Leave a reply "Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri Secara Otomati"