LIPI Paparkan 4 Alasan Migrasi Suara Pemilih Dari Jokowi ke Prabowo

Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi, sore ini, Selasa, 25 Maret 2019, akan berkampanye di Provinsi Riau. Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Riau, Idris Laena, mengatakan kampanye terbuka ini akan berlangsung di Lapangan Bukit Gelanggang, Kota Dumai.

Idris memperkirakan jumlah pendukung dan simpatisan yang akan meramaikan acara ini mencapai 40 ribu orang. “Tapi insya Allah, ya. Mudah-mudahan tidak ada masalah (seperti) tidak hujan,” katanya saat dihubungi.

Idris menjelaskan kedatangan Jokowi menuju lokasi kampanye akan disemarakkan dengan prosesi karnaval. “Kami melampirkan musik-musik tradisional selama hampir 1 kilometer perjalanan,” ucapnya.

Menurut politikus Partai Golkar ini, Dumai sengaja dipilih sebagai lokasi kampanye karena Jokowi saat pemilihan presiden 2014 juga menang di tempat ini. “Makanya kalau satu bentuk penghargaan pak Jokowi kepada Dumai acaranya diadakan di Dumai,” ujarnya.

Sementara terkait perolehan suara, Idris berujar pihaknya menargetkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat 60 persen di seluruh Provinsi Riau. Sebelumnya pada pilpres 2014 Jokowi kalah tipis oleh lawannya, Prabowo Subianto, dengan raihan suara 49,88 persen berbanding 50,12 persen.

Adapun Wakil Direktur Bidang Saksi Tim Kampanye Nasional (TKN), Lukman Edy, mengatakan sejumlah tokoh akan turut menyemarakkan acara kampanye Jokowi di Riau. Mereka adalah Ketua TKN Erick Thohir; Wakil Ketua TKN Moeldoko; dan Gubernur Riau Syamsuar.

Syamsuar sendiri merupakan kader dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang dalam pemilihan presiden ini mendukung pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. “Ya, dia mendampingi,” kata Lukman lewat pesan singkat. [tempo]