Tekno  

Muslimnesia, Siap Jadi Aplikasinya Muslim Milenial

Kebutuhan informasi muslim muda modern Indonesia tumbuh kian besar seiring dengan meningkatnya antusiasme mendalami ajaran Islam yang dimulai sejak usia muda.

Ini salah satunya yang menjadi alasan Ariani Rudjito, Billtraviano Harda, Muhammad Assad, dan Adrian Maulana membuat sebuah aplikasi Islami bernama Muslimnesia.

Salah satu founder Muslimnesia, Ariani Rudjito, menyebutkan bahwa karakter aktif dan mobilitas tinggi ala milenial, membuat generasi muslim muda modern Indonesia membutuhkan dukungan yang senantiasa mendampingi mereka dalam mewujudkan persona diri yang lebih baik.

Dikutip dari detikINET, Kamis (9/5/2019), Ariani mengatakan, teknologi menjadi jembatan dan sarana tak terpisahkan bagi muslim muda Indonesia dalam mempelajari dan mengimplementasikan Islam.

“Maka lahirlah Muslimnesia, aplikasi rujukan yang menyajikan wawasan keislaman yang lengkap sekaligus praktis sebagai pendukung gaya hidup Islami sehari-hari. Karya asli anak bangsa Indonesia ini hadir sebagai solusi yang memahami betul kebutuhan muslim muda modern di Tanah Air, yang tersampaikan melalui ragam fitur segar dan desain aplikasi simpel,” kata Ariani.

Muslimnesia Ingin Jadi Aplikasinya Para Muslim Milenial

Menjawab kebutuhan para muslim modern tersebut, Muslimnesia berupaya memberikan layanan melalui fitur-fitur unggulannya, antara lain:

• Cari Masjid: menyajikan informasi masjid terdekat berbasis lokasi, memudahkan pengguna untuk menjalankan ibadah salat wajib ataupun sunah.

• Jadwal Kajian: menyediakan informasi jadwal belajar mengenai Islam, juga berbasis kedekatan lokasi, interaktif dan memungkinkan pengguna memilih atau menentukan topik dan ustaz pembimbing materi, serta dikembangkan untuk hadir dalam bentuk podcast.

• Halal Radar: memberikan informasi tempat dan sarana publik yang telah memberikan pelayanan halal dan fasilitas yang Islami atau Syariah (rumah sakit, hotel dan restoran) berbasis kedekatan lokasi.

• Sedekah: membantu bersedekah dengan pilihan kegiatan
filantropi yang beragam, berkolaborasi dengan lembaga pengelola dana sosial terkemuka seperti Rumah Zakat dan ACT sebagai mitra penyalur donasi.

Selain itu, ada juga fitur lainnya yang sangat membantu seperti Quran dan Doa, Waktu Sholat, Kiblat dan Jadwal Puasa yang simpel dan memudahkan pengguna menjalankan rangkaian ibadah wajib ataupun sunah.

Mengusung tagline #SiapLebihBaik, jelang bulan Ramadan 1440H, Muslimnesia mengagagas kampanye perdana #SiapSiapRamadan dengan memperkuat fitur kustom berciri Ramadan.

Untuk memotivasi muslim milenial mengoptimalkan ramadan sebagai momen untuk perubahan diri yang lebih baik, aplikasi yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS ini melengkapi fitur-fiturnya dengan informasi dan layanan yang membantu pengguna beribadah sepanjang Ramadan seperti:

• Sedekah menawarkan paket sembako, berbuka puasa, Hari Raya Idul Fitri, dan paket lain.

• Jadwal Kajian menambahkan pilihan lokasi tarawih dan ustaz penceramah di bulan Ramadan.

• Pengingat imsak dan artikel-artikel khusus Ramadan

“Dengan fitur-fitur pembeda yang inovatif, tampilan modern serta simpel dan target pengguna yang khas-yakni kalangan muslim muda modern Indonesia, Muslimnesia berharap mampu menjadi kontribusi nyata untuk menghubungkan mereka dengan informasi terpercaya sehingga menumbuhkan semangat belajar dan menerapkan kaidah Islam secara lebih baik,” kata Ariani. [detik]