Fakta-Fakta Di Balik Perjalanan Mualaf Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier kini telah resmi menjadi seorang mualaf. Ada perjalanan panjang yang ia lalui hingga akhirnya mantap untuk memeluk agama Islam.

Berikut fakta-fakta perjalanan mentalis dan presenter ini hingga akhirnya pindah agama.

1. 4 tahun dalami ajaran Islam

Deddy Corbuzier telah mempelajari ajaran Islam sejak 4 tahun lalu. Dirinya banyak berdiskusi dengan ustaz Wijayanto dan Gus Miftah.

“Kalau ke saya hanya ide-ide pemikiran Islam saja,” aku ustaz Wijayanto kepada detikHOT belum lama ini.

Selama saling tukar pikiran, ustaz Wijayanto bersyukur Deddy bisa menerima perdebatannya. Karena Wijayanto memberikan semua penjelasannya dengan rasional.

“Ehm kalau saya selalu welcome, karena ide-idenya rasional jadi tidak pernah ada masalah karena umumnya semua masuk,” katanya.

2. Memilih ucap syahadat di pesantren Gus Miftah

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Gus Miftah membeberkan alasan mengapa pelafalan dua kalimat syahadat yang akan dilakukan Deddy Corbuzier dilangsungkan di pondok pesantrennya. Awalnya, Gus sempat mengatakan akan dilakukan di Jakarta.

“Afdalnya dia (Deddy Corbuzier) bilang ‘saya tak ke pondok Gus lah’. Karena saya sering ke studio dia (Deddy) youtube-an bareng, sementara kan dia belum pernah ke sini,” ungkapnya.

Deddy akhirnya mengucapkan dua kalimat syahadat pada Jumat 21 Juni selepas salat Jumat. Dirinya dibimbing Gus Miftah secara langsung.

3. Sang anak menerima keputusan Deddy Corbuzier pindah agama

Azka, putra Deddy satu-satunya tak mempermasalahkan sang ayah memutuskan untuk menjadi mualaf. Meski terkesan cuek, namun Azka diungkapkan Deddy sudah tak asing dengan Islam.

“Kalau putra saya orangnya cuek. Jadi kemarin saya bilang, ‘Azka papa going to convert religion to moslem’. Tapi kan Azka ini ibunya juga muslim. Jadi Azka ini bukan tidak mengenal sama sekali muslim. Dia juga pernah belajar agama Islam. Sambil main game Azka jawab Oke. Lalu lanjut main game,” ujar Deddy.

“Yang penting ia tak bermasalah dengan itu. Kenapa? Karena ibunya pun muslim. Jadi dia sudah hidup di lingkungan. Saya pernah menikah beda agama. Ketika Natal saya Natalan dan ketika Lebaran saya Lebaran. Jadi dia sudah hidup dengan perbedaan itu,” lanjutnya.

4. Pindah agama bukan karena ingin menikah

Ada gosip keputusan Deddy Corbuzier pindah agama karena dirinya berencana menikah dengan sang tunangan, Sabrina. Namun, Deddy dengan tegas menolak anggapan tersebut.

“Saya masuk ke agama Islam tidak ada yang suruh, tidak ada yang memaksa, tidak karena suatu tujuan apapun itu. Tadi banyak yang nanya apa mau nikah dan sebagainya, nggak ya. Saya nggak pindah (agama) karena wanita juga,” ungkapnya.

“Bukan untuk menikah, bukan untuk Sabrina, bukan karena siapa pun, karena seorang Deddy Corbuzier akan melakukan sesuatu sesuai kehendak dan kemauan sendiri,” tuturnya.

“Saya pindah karena hidayah,” urainya lagi.

5. Deddy Corbuzier belum punya rencana berganti nama setelah mualaf

Meski sudah menjadi mualaf, mengganti nama belum menjadi rencana Deddy Corbuzier selanjutnya. Ia mengatakan hal itu di jumpa pers usai dirinya mengucapkan kalimat syahadat.

“Terkait nama Islam, ini pertanyaan lucu, kami malah tidak mikir itu. Karena menurut saya, saya mau belajar mau mendalami ilmunya,” kata Deddy, di Ponpes Ora Aji, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (21/6/2019). [detik]