Tekno  

3 Cara Kembalikan File Yang Terhapus Permanen di Laptop

Kalian pasti pernah, baik secara sengaja atau tidak, menghapus file penting yang ada di laptop atau PC Windows secara permanen. Kejadian seperti ini tentu mengesalkan apalagi jika file tersebut sedang dibutuhkan.

File yang dihapus dengan tombol Delete biasanya akan dipindahkan ke Recycle Bin dan bisa dikembalikan dengan mudah hanya dengan beberapa klik. Jika tidak di apa-apakan, file akan terus berada di Recycle Bin selama 30 hari sebelum dihapus permanen secara otomatis.

Jika kalian menghapus file dengan kombinasi Shift + Delete, mengosongkan Recycle Bin atau membersihkan laptop menggunakan aplikasi cleaner, file atau folder tersebut akan terhapus secara permanen.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena walau telah dihapus secara permanen, bukan berarti file ini hilang sepenuhnya dari laptop. File yang telah terhapus tersebut kini ditandai sebagai ruang yang tersedia untuk sistem dan menunggu untuk di-overwrite oleh data baru.

Artinya, selama file kalian yang terhapus belum di-overwrite, kalian masih bisa mengembalikan file tersebut. Berikut adalah 3 cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows seperti dikutip dari detikINET

1. Metode Backup dan Restore

Metode ini bisa mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop tanpa menggunakan software dan bisa digunakan untuk Windows 7, 8 dan 10. Tapi cara ini hanya bisa digunakan jika kalian memiliki data backup terbaru di Windows backup.

Caranya dengan klik menu Start dengan lambang Windows, kemudian pilih Control Panel. Setelah itu pilih opsi System and Maintenance dan pilih Backup and Restore.

Klik Restore my files dan pilih Browse for files atau Browse for folder untuk memilih backup yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian pilih lokasi tujuan untuk menyimpan file kalian.

2. Metode Restore Previous Versions

Jika kalian menggunakan laptop dengan Windows 7, 8 atau 10, kalian bisa mengembalikan file yang terhapus permanen dengan mengembalikan versi sebelumnya. Tapi, pastikan fitur File History kalian sudah aktif sebelumnya.

Cara mengembalikan filenya dimulai dengan mencari folder tempat file atau folder yang telah terhapus secara permanen. Klik kanan di folder tersebut dan pilih opsi Restore previous versions.

Kalian akan melihat daftar yang berisi berbagai versi file atau folder. Pilih versi yang terbaru dan klik Restore untuk mengembalikan file yang telah dihapus secara permanen.

3. Menggunakan Aplikasi

Kedua metode di atas bisa dilakukan tanpa menginstal aplikasi tambahan. Tapi jika kalian misalnya tidak memiliki backup atau tidak bisa melakukan metode di atas, kalian bisa menggunakan aplikasi untuk mengembalikan file seperti EaseUS Data Recovery Wizard.

Caranya, unduh dan instal aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard di laptop atau PC kalian. Setelah itu jalankan aplikasi seperti biasa dan pilih lokasi tempat file kalian terhapus.

Klik lokasi tersebut dan pilih opsi Scan. Software ini akan secara otomatis memindai lokasi yang dipilih dan beberapa saat kemudian hasil pemindaian akan ditampilkan di bagian Deleted files.

Setelah itu pilih file yang ingin dikembalikan dan klik Recover untuk menyimpannya di lokasi atau perangkat baru. Setelah itu, klik OK untuk menyelesaikan proses ini. [detik]