News  

Kepolisian Sita 345 Ribu Kondom Bekas Yang Dicuci Ulang dan Dijual Lagi

Kepolisian Vietnam menyita sekitar 345 ribu kondom bekas yang telah dibersihkan dan siap dijual kembali sebagai ‘kondom baru’. Seorang wanita ditangkap dalam penggerebekan polisi di Provinsi Binh Duong tersebut.

Seperti dilansir CNN, Jumat (25/9/2020), tayangan televisi nasional, Vietnam Television (VTV), pekan ini menunjukkan puluhan tas besar berisi alat kontrasepsi bekas yang tersebar di lantai sebuah gudang di Provinsi Binh Duong.

Pihak kepolisian menyebut tas-tas itu beratnya mencapai lebih dari 360 kilogram, atau setara dengan 345 ribu kondom.

Menurut surat kabar lokal, Tuoi Tre, pemilik gudang itu mengakui pihaknya menerima ‘pasokan bulanan untuk kondom bekas dari orang yang tak dikenal’.

Seorang wanita ditahan saat penggerebekan dilakukan polisi di gudang tersebut. Kepada polisi, wanita yang tidak disebut namanya itu menuturkan bahwa kondom bekas itu direbus dalam air lalu dikeringkan dan dibentuk kembali dengan batang kayu sebelum dikemas ulang dan siap dijual sebagai ‘kondom baru’.

VTV menyatakan tidak diketahui pasti ada berapa banyak kondom daur ulang yang telah dijual kembali dan ke mana saja kondom daur ulang itu dijual.

Dituturkan wanita itu bahwa dirinya menerima US$ 0,17 (Rp 2.500) untuk setiap kilogram kondom daur ulang yang diproduksinya. {detik}