News  

Kate Middleton Resmi Sandang Gelar Lama Putri Diana, Princess of Wales

Meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis (8/9) waktu Inggris membuat struktur Kerajaan Inggris berubah. Anak pertamanya, Charles, naik takhta menjadi Raja Inggris.

Begitu juga dengan cucu Ratu Elizabeth II, Pangeran William. Dalam urutan suksesi, namanya naik menjadi pewaris takhta pertama. Tak cuma itu, ketika melakukan pidato perdananya sebagai pemimpin Kerajaan Inggris, Raja Charles III juga mengumumkan gelar baru untuk William.

Raja Charles III menyebutkan bahwa Pangeran William akan menyandang gelar Prince of Wales. Dengan begitu, secara otomatis Kate Middleton juga resmi mewarisi gelar Princess of Wales.

“Hari ini, saya dengan bangga mengangkatnya sebagai Prince of Wales, Tywysog Cymru, yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya,” ungkap Raja Charles III, dikutip dari Reuters, Jumat (9/9).

Raja Charles III yakin bahwa Pangeran William dan Kate Middleton akan terus menginspirasi dan menjalankan tugas mereka dengan baik.

“Dengan Catherine berada di sampingnya, Prince dan Princess of Wales kita yang baru, saya tahu, akan terus menginspirasi dan memimpin percakapan nasional kita, membantu membawa kelompok marginal ke titik pusat di mana bantuan vital dapat diberikan,” lanjut Raja Charles III.

Setelah sebelumnya mengubah akun Instagram mereka menjadi Duke dan Duchess of Cornwall, kini akun media sosial Pangeran William dan Kate Middleton telah berubah menjadi @princeandprincessofwales.

Meski begitu, gelar mereka sebagai Duke dan Duchess of Cornwall dan Cambridge tetap dipakai. Hanya saja dua gelar tersebut merupakan tambahan gelar dari Prince dan Princess of Wales.

Gelar Princess of Wales ini begitu penting dan bersejarah. Pasalnya, sejak Putri Diana meninggal pada 1997, belum ada sosok lain yang memakai gelar tersebut.

Princess of Wales menjadi gelar yang dibawa mati oleh Putri Diana. Setelah puluhan tahun meninggal, Putri Diana tetap dikenal sebagai Princess of Wales.

Jabatan sebagai Prince dan Princess of Wales ini juga tidak bisa diberikan secara sembarangan dan tak turun secara otomatis pada pewaris. Pemimpin baru yang menjabat harus memberikan gelar tersebut pada penerus selanjutnya.

Hal lain yang membuat gelar ini begitu spesial adalah, Kate Middleton jadi yang pertama mewarisinya. Sebenarnya, gelar ini bisa jadi milik Camilla ketika ia resmi menikah dengan Charles pada 2005.

Namun gelar tersebut tidak diberikan mengingat isu sensitif terkait masa lalu cinta segitiga dengan Putri Diana. Mengutip ELLE, Camilla juga lebih memilih gelar Duchess of Cornwall untuk menghormati Putri Diana.

Bertahun-tahun setelah menikah dengan William, Kate Middleton sendiri sudah sering dibandingkan dengan Putri Diana. Tak cuma dari sisi komitmennya sebagai anggota keluarga kerajaan, tapi juga karena gaya fashion atau penampilannya.

Tak jarang, Kate pun mengenakan busana yang terinspirasi dari mendiang ibu mertuanya. Ia juga kerap memakai perhiasan warisan dari Putri Diana yang tak kalah mencuri perhatian.
Meski begitu, Kate Middleton diprediksi akan membuat jalannya sendiri sebagai Princess of Wales.(Sumber)