Wisata  

Bersantai Sambil Menelusuri Spot Foto Instagramable di Taman Braga, Bandung

Taman Braga merupakan taman yang terletak di persimpangan antara Jalan Braga dan Jalan Naripan. Pengunjung akan menemukan ikon dengan tulisan “Braga” yang berukuran cukup besar di persimpangan jalan.

Ikon tersebut bisa pengunjung jadikan sebagai spot foto yang cukup instagramable. Selain berfoto di spot terkenal tersebut, para pengunjung juga bisa duduk bersantai di taman sambil menikmati pemandangan sekitar.
Menjelajahi Taman Braga yang Instagramable

Dikutip dari buku Peta 100 Tempat Jajan dan Makan Legendaris di Bandung, Baddi Hidayat dan Lusi Triyani (2013: 31), Jalan Braga merupakan tempat nongkrong kaum kolonial karena merupakan pusat pertokoan bergengsi di masa lalu.

Adapun pengambilan nama Bragaweg yang berarti Jalan Braga memiliki beragam versi. Versi pertama, Braga berasal dari nama Theotila Braga, seorang penulis naskah drama yang hidup tahun 1834-1924.

Hal tersebut berkaitan dengan ketenaran Toneelvereeniging Braga (Perkumpulan Tonil Braga) yang didirikan pada 18 Juni 1882 oleh Pieter Sijthoff. Ada juga yang menyebutkan bahwa nama Braga berasal dari nama minuman keras khas Rumania.

Minuman tersebut biasanya disajikan di gedung Societeit Concordia (sekarang Gedung Merdeka) di ujung selatan Bragaweg. Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa nama Braga berasal dari kata “Bragi” yang merupakan nama dewa puisi dalam mitologi bangsa Jerman.

Versi lain mengaitkan nama Braga dengan kata “baraga” yang berarti “Jalan di tepi sebuah sungai”. Jalan Braga memang memanjang di tepi Sungai Cikapundung.

Sejak awal tahun 1900-an, perkembangan di kawasan tersebut semakin pesat dengan berdirinya berbagai macam toko. Mulai dari toko kelontong, butik, restoran, kedai kopi, toko pakaian, bioskop, hotel, bank, dan tempat hiburan.

Selain toko, Braga juga memiliki sebuah taman yang bernama Taman Braga.

Taman ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk bersantai sambil hunting spot foto instagramable.

Lokasinya ada di Jl. Ustadz Abdul Somad LC. No.12, Braga, Kec. Sumur Bandung, dekat dengan Hotel de Braga.

Para pengunjung bisa menikmati waktu bersantai bersama keluarga dan melihat anak-anak bermain dan berlarian di sekitar taman. Taman ini cocok jadi tempat untuk bersantai, berfoto, atau sekadar melepas lelah.

Demikianlah informasi seputar Taman Braga yang merupakan tempat wisata yang cocok untuk bersantai sambil hunting spot foto instagramable.