Tekno  

Lebih Dekat dengan Asima Chatterjee, Ahli Kimia dalam Google Doodle Hari Ini

Google doodle Asima Chatterjee

RadarAktual.com – Google kembali memberikan apresiasi kepada salah seorang tokoh dunia, Asima Chatterjee. Ahli Kimia asal India ini tampil pada halaman utama raksasa mesin pencari tersebut. Google pun menggambarkan Asima dengan sosok yang berkacamata besar lengkap dengan beberapa simbol ikatan kimia berwarna hijau yang merepresentasikan kimia organik, bidang yang ditekuni Chatterjeeyang dan membentuk tulisan “GOOGLE”.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui mengenai sosok Asima ini. Ahli Kimia Organik asal India ini lahir pada 23 September 1917 silam. Setelah tumbuh dewasa, Asima berniat untuk belajar ilmu kimia yang saat ini sangat jarang diminati oleh para wanita.

Kesungguhan Asima untuk belajar kimia organik ini membuatnya meraih gelar Doctorate of Science, sekaligus menjadi wanita pertama di India yang berhasil meraih gelar tersebut. Dengan ilmu yang dimilikinya, Asima mulai melakukan penelitian sejumlah obat organik salah satunya yakni obat untuk penyakit malaria dan epilepsi.

Kontribusi Asima yang paling dikenal adalah karyanya yang terkait  Vinca Alkaloid yang berasal dari tanaman periwinkle Madagaskar. Saat ini, ia digunakan dalam kebutuhan kemoterapi, karena memiliki fungsi untuk memperlambat atau menghentikan sel kanker agar tidak bertambah banyak. Hasil penelitian tersebut menjadi dasar bagi perkembangan obat obatan saat ini.

Karena hasil karyanya tersebut, Asima mendapat berbagai penghargaan dari pemerintah India salah satunya adalah penghargaan tertinggi di India, seperti Padma Bhushan, untuk diangkat ke Majelis Tinggi Parlemen. Selain itu, Asima juga mendirikan departemen Kimia di Lady Brabourne College serta  sebuah institut penelitian dan membimbing banyak ilmuwan kimia India.

Dengan melihat prestasinya tersebut, wajar saja jika Google memberikan apresiasi kepada Asima Chatterjee dan menampilkan doodle peringatan hari ulang tahun yang ke 100 hari ini, Sabtu 23 September 2017.