News, Tekno  

Mengupas Kecerdasan Buatan Dalam Oppo F7

Kecerdasan Buatan Oppo

Oppo resmi merilis dua smartphone terbarunya, yakni F7 dan F7 128 GB. Oleh Oppo, kedua ponsel ini dibenamkan Kecerdasan Buatan atau artificial intelligence (AI) yang diklaim lebih canggih dari seri sebelumnya.

Teknologi kecerdasan buatan menjadi sorotan di dunia teknologi dalam beberapa tahun terakhir. Pemanfaatannya banyak diaplikasikan untuk berbagai sektor.

Oppo sendiri memandang teknologi kecerdasan sebagai tren yang bakal diakomodir oleh vendor smartphone dalam beberapa tahun ke depan.

Nah, salah satu pemanfaatannya dirasa cocok untuk mendukung perkembangan fotografi smartphone. Pendapat ini disampaikan oleh pakar teknologi asal India, Rajiv Makh.

“AI adalah game changer di semua bidang, termasuk juga di smartphone. AI ini akan menjadi bagian dari tren di smartphone dalam beberapa tahun ke depan. Pemanfaatannya akan sangat berguna bila diterapkan pada fotografi smartphone,” ujar Makh di peluncuran F7 di Dome NSCI, Mumbai, India, Senin (26/3/2018).

Kecerdasan buatan di F7 dibenamkan pada kamera depan dan belakang. Salah satunya adalah Smart AI Recognition yang mampu memindai 296 titik pada wajah, termasuk T-zone (bagian dahi dan hidung), mata, dan U-zone (bagian pipi dan dagu).

Tak sampai di situ saja, kecerdasan buatan F7 juga bisa mengenali umur, gender, dan warna kulit. Adapula peningkatan fitur beautification dimana tak hanya satu orang, tapi juga bisa dipakai untuk group selfie.

Masih bicara fitur kamera, adapula yang namanya Vivid Mode. Mode ini memungkinkan pengambilan gambar wajah lebih natural dengan membuat warna background lebih keluar lagi. Jadi, bisa dibilang wajah tak lagi terlihat seperti dempulan.

Terakhir, kecerdasan buatan juga menghadirkan stiker AR (augmented reality) untuk kamera depan. Kecerdasan buatan juga membantu pengguna untuk menciptakan album berbasis wajah dan lokasi, serta dipakai untuk sistem keamanan (facial unlock).

Kedua tipe F7 ini dibekali dengan kamera belakang 16 MP dengan bukaan f/1.8. Namun, yang menjadi andalan adalah kamera depannya yang memiliki lensa 25 MP.

Kamera depan F7 ini disebut sebagai kamera smartphon pertama yang menggunakan lensa 25 MP dan sensor Sony IMX576.