Golkar Nilai Facebook Indonesia Tak Perlu Ditutup

Facebook Indonesia Bobby Rizaldi

Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi berharap perlu segera adanya solusi terkait kebocoran data pengguna Facebook Indonesia lebih dari satu juta pengguna.

Menurut Bobby, penutupan Facebook Indonesia bukanlah solusi menyelesaikan masalah ini.

“Tantangan masa kini, harus diselesaikan dengan solusi masa kini. Menutup FB tanpa memiliki solusi, hanya akan menimbulkan kegaduhan domestik yang tidak perlu,” ujar Bobby dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) antara Komisi I dengan pihak Facebook Indonesia dan se-Asia Tenggara di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2018).

 

Meski pihak Facebook telah meminta maaf karena adanya penyalahgunaan data oleh aplikasi yang dikembangkan akademisi di Cambridge University, DR. Alexander Kogan.

Namun, menurut Bobby penutupan Facebook tak perlu dilakukan karena penggunaan Facebook oleh masyarakat Indonesia sudah menyentuh perekonomian masyarakat Indonesia.

“Penggunaan platform FB sudah menyentuh sendi perekonomian usaha mikro masyarakat di Indonesia, selain hanya media sosial, tidak perlu sampai ditutup,” jelas Bobby.

Politikus Partai Golkar itu menyarankan pemerintah Indonesia untuk membuat regulasi komersialisasi dan infrastruktur pengawasan yang tepat terkait hal ini.

“Soal FB sudah mirip seperti ojek online yang sudah menjadi platform media ekonomi baru, yang belum ada 10 tahun lalu,” tukasnya.