Fadli Zon Terima Warga Gusuran Sumur Batu

Fadli Zon Warga Gusuran Sumur Batu

Wakil Ketua DPR RI Korpolkam Fadli Zon menerima kedatangan warga RW 05 Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, yang mengadukan masalah penggusuran terhadap rumah tempat tinggal mereka oleh Tentara Angkatan Darat, dalam hal ini Kodam Jaya.

“Saya menerima kedatangan warga RW 05 Sumur Batu, Jakarta, yang mengalami penggusuran dari tempat yang mereka tinggali. Berdasarkan keterangannya, mereka telah menempati rumah tersebut telah lebih dari 50 tahun,” ucap Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Fadli menyampaikan, permasalahan itu masih dalam proses hukum. “Maksud kedatangan warga mengadu ke DPR adalah dengan harapan DPR dapat ikut mengawasi persoalan ini, agar jangan sampai mereka digusur sebelum ada keputusan hukum yang tetap,” ujar politisi Partai Gerindra itu.

Diketahui, pihak Kodam Jaya telah menerbitkan Surat peringatan (SP) yang ketiga kepada warga supaya segera mengosongkan rumahnya hingga batas waktu yang telah ditentukan, sementara dari pihak pengacara warga menyatakan bahwa sesungguhnya pihak Kodam Jaya tidak memiliki surat-surat yang kokoh tentang status lahan diwilayah tersebut, lanjutnya.

“Sebagian besar warga yang tinggal ditempat itu adalah keluarga penerima penghargaan Bintang Gerilya dari negara. Seharusnya hal ini oleh pihak Kodam Jaya bisa dimusyawarahkan kembali dengan warga. Jangan sampai mereka digusur dan melukai perasaan warga yang menjadi korban penggusuran,” tandas Fadli.

Sebagai langkah konkret, Fadli akan meneruskan aspirasi yang telah disampaikan kepada pihak Kodam Jaya.

“Saya akan menyuratinya dalam waktu dekat, dan kepada Komisi terkait juga akan kita sampaikan mengenai persoalan ini. Kalau memungkinkan, saya juga akan meninjau lokasi itu,” pungkasnya.