MotoGP Bakal Pensiunkan Nomor 46 Milik Valentino Rossi di MotoGP Italia 2022

Nomor 46 milik Valentino Rossi akan dipensiunkan MotoGP. Momen itu akan dilakukan di MotoGP Italia 2022.

Ya, nomor 46 memang identik dengan legendaris MotoGP, Valentino Rossi. Dengan dipensiunkan, nomor 46 tersebut tidak dapat digunakan oleh rider lain.

Valentino Rossi

Seperti diketahui, beberapa nomor balap di ajang MotoGP memang dipensiunkan karena berbagai alasan.

Terhitung, ada delapan nomor balap yang sudah dipensiunkan, yakni 34 (Kevin Schwantz), 74 (Daijiro Kato), 48 (Shoya Tomizawa), 65 (Loris Capirossi), 58 (Marco Simoncelli), 69 (Nicky Hayden), 39 (Luis Salom), dan #0 (Jason Dupasquier).

Kini, nomor 46 akan masuk daftar tersebut. Nomor tersebut akan resmi dipensiunkan pada MotoGP Italia 2022 di lintasan lurus Sirkuit Mugello, sebelum kualifikasi berlangsung.

Rossi sebenarnya tak mau nomor balapnya masuk daftar ini. The Doctor mempersilahkan jika ada pembalap yang ingin menggunakan nomor 46 saat ia pensiun nanti.

Hanya saja, pihak MotoGP merasa nama Rossi terlalu besar, jika nomor 46 tak dipensiunkan. Apalagi, nomor tersebut sudah sangat identik dengan pembalap kelahiran Urbino, Italia itu.

Nama besarnya di ajang MotoGP membuat kabar pensiun Rossi mendapat perhatian dunia. Sejumlah salam perpisahan pun disampaikan para pembalap lain untuk The Doctor -julukan Valentino Rossi.

Sepanjang kariernya, Rossi mengoleksi sembilan gelar juara dunia. Dia juga pernah memenangkan 115 balapan serta 235 podium. Selain itu, Rossi juga telah masuk ke daftar legendaris MotoGP pada akhir musim lalu.(Sumber)