News  

Jokowi Wanti-Wanti Soliditas Polri Hadapi Tahun Politik 2024

Soliditas anggota Polri menjadi satu hal yang disoroti Presiden Joko Widodo, khususnya di saat ini telah memasuki tahun politik 2024.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan arahan para pejabat utama Mabes Polri, kepala kepolisian daerah (Kapolda), hingga kepala kepolisian resor (Kapolres) seluruh tanah air, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10).

“Hati-hati ini sudah masuk tahun politik. Jadi harus ditunjukkan solidaritas di internal Polri,” ujar Jokowi dikutip dari video yang diposting melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (15/10).

Jokowi menegaskan, tahapan Pemilu Serentak 2024 sudah berjalan sejak Juni 2022 yang lalu. Sehingga menurutnya, harus ditunjukkan soliditas di internal Polri terlebih dahulu, baru ketika rampung ditingkatkan soliditas Polri dengan TNI.

“Itu yang akan mengurangi tensi politik ke depan. Soliditas. Harus ada kepekaan, posisi politik ini seperti apa sih,” ucap Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini menyebutkan, seluruh petinggi Polri di berbagai daerah perlu emastikan dirinya independen, akan tetapi bukan berarti buta politik.

“Karena Saudara-saudara adalah pimpinan-pimpinan tertinggi di wilayah masing-masing. Sense of politic-nya juga harus ada. Tidak bermain politik, tetapi mengerti masalah politik karena memang kita akan masuk dalam tahapan tahun politik,” demikian Jokowi menambahkan.(Sumber)