News  

Bolak-Balik Solo-Jakarta, Jokowi Sibuk Urus Pernikahan Kaesang-Erina

Presiden Jokowi mengaku akhir-akhir ini harus terbang bolak-balik Solo-Jakarta untuk mengurusi pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina.

Hal itu diungkapkan Jokowi usai menghadiri acara kumbokarnan atau rapat terakhir persiapan pernikahan di Museum Batik Danar Hadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (4/12).

“Persiapan pernikahan Kaesang dan Erina sudah 99 persen. Akad nikah di Yogyakarta pada 10 Desember dan tasyakuran (Ngunduh mantu) pada 11 Desember,” ujar Jokowi.

Dia mengaku meskipun sibuk mengurusi pernikahan Kaesang, juga tetap ke Jakarta karena banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

“Nantoli almalam (Minggu) saya terbang Jakarta, agenda saya banyak di Jakarta. Mungkin saya akan ke Solo pada Jumat pekan depan,” kata dia

Dia menyebut Ibu negara Iriana sudah dua pekan ini di Solo. Kemudian untuk acara adat ngunduh mantu diadakan di rumah pribadi.

“Kalau di Loji Gandrung hanya untuk Kirab pengantin menuju ke Mangkunegaran,” tandasnya.
Jokowi Pimpin Kumbokarnan Bersama Luhut dan Erick.

Hari ini Jokowi memimpin rapat bersama untuk membahas persiapan pesta pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudoni.

Acara persiapan itu di Jawa sering disebut Kumbokarnan, yang biasanya dilakukan dua minggu atau minimal satu minggu menjelang acara pernikahan dilangsungkan.

Pantauan kumparan, kumbokarnan menempati ruang tamu Batik Danar Hadi. Terlihat Jokowi datang menggunakan mobil Alphard hitam AD 1224 ZA datang sekitar pukul 09.45 WIB.

Jokowi duduk di bangku depan penumpang sambil memangku cucu pertamanya, Jan Ethes Sri Narendra. Jokowi sempat membuka kaca jendela dan melambaikan tangan ke arah awak media yang mengabadikan moment sebelum masuk ke dalam lokasi acara.

Sebelum Jokowi datang, terlihat sejumlah petinggi pemerintahan hingga jajaran militer dan kepolisian datang ke lokasi. Seperti Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN, Eric Thohir, Menteri Investasi, Bahlil lahadalia, Menpora Zainuddin Amali, hingga Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Dari pihak keluarga ada Ibu Negara Iriana Jokowi, Selvi Ananda, dan Kahiyang Ayu bersama kedua anaknya.

Terlihat pula putri kedua presiden, Kahiyang Ayu bersama anak-anaknya terlihat ikut dalam acara tersebut. Penjagaan ketat terlihat di sekitar lokasi dan kesibukan petugas mengatur arus lalu lintas tepat di depan Museum Danar Hadi Jalan Slamet Riyadi.(Sumber)