News  

Urgensi Verifikasi Faktual Relawan Anies Baswedan

Relawan Anies Baswedan menjamur. Tumbuh pesat. Tidak hanya relawan tingkat nasional. Relawan daerah juga menjamur. Menariknya, relawan Anies Baswedan lintas etnis, agama dan profesi.

Tumplek jadi satu. Relawan dari berbagai asal-usul. Berbeda-beda latar belakang. Perbedaan yang mempersatukan. Dipersatukan oleh cita-cita bersama. Indonesia yang berkeadilan dan berkeadaban.

Dalam setahun terakhir saja sudah lebih dari 200 simpul relawan Anies Baswedan. Tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Fantastis! Ini yang tidak dimiliki oleh calon presiden lainnya. Relawan Anies Baswedan relawan nol rupiah. Mereka bergerak sendiri, dana sendiri, bantu korban gempa bumi Cianjur sendiri. Mereka, Relawan Anies Baswedan diperintah oleh dirinya sendiri.

Fantastisnya lagi! Animo dukungan terhadap Anies Baswedan luar biasa bila simpul relawan menjadi salahsatu indikator dukungan. Anies Baswedan satu-satunya calon presiden yang memiliki 200 lebih simpul relawan.

Persoalannya kemudian adalah sampai sejauh mana “kekuatan” 200 lebih simpul relawan punya anggota relawan riil? Bukankah banyak kasus dilapangan keanggotaan ganda? Baik keanggotaan simpul relawan maupun keanggotaan WhatsApp group misalnya.

Ide ini pernah dilontarkan oleh salah seorang ketua simpul relawan di salahsatu group WhatsApp. Verifikasi faktual simpul relawan Anies Baswedan. Idenya menarik dan perlu di follow up. Sayangnya, karena tidak dikemas dengan bahasa yang baik akhirnya group WhatsApp jadi gaduh. “Jangan ngurusin simpul lain, urus aja simpul sendiri,” ungkap seorang pengurus simpul relawan lain.

Padahal, idenya cemerlang. Ingin mengukur sampai sejauh mana kekuatan massa 200 lebih simpul relawan Anies Baswedan. Kekuatan anggota riil. Tidak pakai lebih kurang atau kira-kira.

Bedanya dengan verifikasi faktual partai politik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah partai yang lolos dan tidak lolos sebagai peserta pemilu tahun 2024.

Sementara verifikasi faktual Relawan Anies Baswedan semuanya lolos sebagai relawan Anies Baswedan. Ada anggota atau banyak anggota perlakuannya sama. Sama-sama relawan. Tujuannya? Salahsatunya untuk mengetahui sebaran relawan Anies Baswedan di seluruh Indonesia.

Sehingga anggota riil Relawan Anies Baswedan punya bargaining position. Posisi tawar terhadap siapa? Partai koalisi. Untuk apa? Tentu saja bukan untuk jadi menteri atau komisaris. Karena relawan sejatinya berjuang tanpa pamrih.

Partai koalisi punya data rill sebaran Relawan Anies Baswedan. Namanya “Partai” Relawan Anies Baswedan. Jutaan anggotanya tersebar di seluruh Indonesia. “Partai” Relawan Anies Baswedan menjadi garda terdepan dalam kawal pemilu yang LUBER dan JURDIL.

Berdasarkan pemilu tahun 2019, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS)  809.497 yang tersebar di 514 kabupaten/kota dan 7.201 kecamatan. Bila tiap TPS dijaga 2 saksi, setidaknya lebih dari 1,6 juta relawan Anies Baswedan yang akan bertugas di masing-masing TPS.

Inilah salah satu kerja bersama Relawan Anies Baswedan dalam kawal pemilu untuk menjawab, Siapa Lawan Terberat Anies Baswedan di Pilpres 2019? seperti penulis tulis kemarin.

Wallahua’lam bish-shawab
Jakarta, 28 Jumadil Ula 1444/22 Desember 2022
Tarmidzi Yusuf, Ketua Umum JABAR MANIES