News  

Dukcapil: Sutrisno dan Nurhayati Jadi Nama Paling Populer di Indonesia

Nama adalah hadiah pertama yang biasanya diberikan orang tua kepada anak saat lahir. Pemberian nama tentu saja tidak bisa sembarangan. Ada doa—dan tradisi—yang tersemat di baliknya.

Setiap generasi biasanya punya tren nama yang berbeda-beda. Namun menurut catatan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, ada sejumlah nama yang paling banyak digunakan orang Indonesia.

Dirjen Dukcapil, Prof Zudan Arif Fakrulloh, membeberkan 10 nama perempuan dan 10 nama laki-laki yang paling populer di Indonesia. Meski, daftar ini bisa berubah seiring dengan tren penamaan di Indonesia.

“[Cara mengetahui] di query dengan algoritma tertentu dari database. 20 tahun lagi nama-nama terbanyak mungkin akan bergeser jadi Kenzo, Farah, Salsa, Alicia, Farel, Brian, Roni, dan seterusnya,” kata Zudan kepada kumparan, Senin (30/1).

Menurut Zudan, memang ada pergeseran tren penamaan antara generasinya dengan generasi di bawahnya. Nama-nama populer yang ia beberkan juga didominasi oleh orang-orang dari generasi kelahiran 70-an.

“Nama-nama kawan-kawan saya SD, SMP, teman-teman main saya di lingkungan saya banyak yang masuk di daftar 10 nama terpopuler tadi,” jelas Zudan.

Nah, jadi, apa saja sih nama populer di Indonesia menurut catatan Dukcapil? Yuk cek daftar di bawah ini untuk melihat apakah namamu ada di antaranya?

10 Nama Pria Terpopuler
1. Sutrisno
2. Slamet
3. Mulyadi
4. Herman
5. Supardi
6. Ismail
7. Suprianto
8. Suparman
9. Junaidi
10. Wahyudi

 Nama Perempuan Terpopuler
1. Nurhayati
2. Sulastri
3. Sumiati
4. Sri Wahyuni
5. Sumarni
6. Sunarti
7. Siti Aminah
8. Aminah
9. Ernawati
10. Kartini

(SUmber)