Tekno  

Upaya Facebook Dorong Lahirnya Talenta Digital Indonesia

Facebook meresmikan keberadaan Lab Innovation Indonesia, sebuah ruang komunitas yang dirancang bagi komunitas pengguna Facebook untuk berkumpul secara offline.

Lab Innovation Indonesia atau disingkat LInov ini merupakan ruang komunitas kedua yang disediakan oleh Facebook. Sebelumnya, perusahaan penyedia layanan media sosial itu telah menghadirkan Ruang Komunal Indonesia pada Juni 2018.

“Ruang Komunal Indonesia sudah mencapai usianya satu tahun yang merupakan ruang komunitas pertama milik Facebook di dunia. Selama setahun terakhir, setelah dibuka untuk umum, lebih dari 4.000 orang dan 860 komunitas di wilayah Jakarta dan sekitarnya, sudah menggunakan ruangan ini,” tutur Ruben Hattari, Public Policy Lead Facebook Indonesia di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Tingginya antusias tersebut, menjadi salah salah satu alasan Facebook menghadirkan LInov kali ini. Di samping itu juga, ada komitmen perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut dalam mendukung berbagai komunitas sosial dan industri teknologi di Tanahr Air untuk tumbuh bersama, baik online maupun offline

Ada perbedaan antara Ruang Komunal Indonesia dan LInov. Bila Ruang Komunal Indonesia diperuntukan berbagai komunitas, sedangkan LInov lebih khusus bagi komunitas yang bergerak di bidang startup, developer, dan inovator.

“LInov kami rancang untuk menguatkan ekosistem industri teknologi di Indonesia, melalui pertemuan rutin, ruang berkolaborasi, dan beragam pelatihan serta lokakarya yang dilakukan berdampingan dengan anggota Developers Circles, ahli industri, dan para spesialis lainnya,” ungkap Virginia Yang, Director, Developer Partnerships and Program Facebook APAC di kesempatan yang sama.

Program-program relevan disiapkan Facebook di LInov ini dalam menciptakan talenta digital dan memberi pelatihan kepada mereka menemukan karir di industri teknologi. Selain itu juga, berinovasi dalam memberi solusi dengan memanfaatkan teknologi.

Salah satu program yang ada di LInov, yaitu Developer Circles Javascript Training Course and Bootcamp yang bekerjasama dengan Hacktiv8 di mana peserta menjalani pelatihan dasar pemograman menggunakan Javascript selama empat minggu. Kemudian dilanjutkan program bootcamp yang peserta akan menjalani pelatihan intensif selama tiga bulan.

Dari segi lokasinya, ruang komunitas ini berada di dua lokasi berbeda. Bila Ruang Komunal Indonesia ada di One Pacific Place, kawasan SCBD, Jakarta. Maka, LInov letaknya tak terlalu jauh dari Ruang Komunal Indonesia atau tepatnya di Plaza Asia, Jalan Sudirman, Jakarta.

LInov yang berada di area CoHive itu telah resmi dibuka dan tersedia secara gratis untuk umum. [detik]