Menanti Janji Erick Thohir Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Harapan pecinta sepak bola Indonesia agar pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bertahan lebih lama menukangi Garuda tampaknya akan segera terwujud.

Sang pelatih diprediksi kian dekat dengan perpanjangan kontrak baru selepas Timnas Indonesia U-23 mencapai target lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Ya, Timnas Indonesia U-23 secara mengejutkan lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat selepas skuad Garuda Muda mengunci kemenangan 4-1 atas Yordania di Matchday pamungkas babak penyisihan grup, Minggu (21/4/2024).

Empat gol Timnas Indonesia U-23 berhasul disarangkan masing-masing oleh Marselino Ferdinan (23′ dan 70′), Witan Sulaeman (40′), dan Komang Teguh (86′). Di sisi lain, Yordania memperkecil kedudukan melalui gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-79.

Hasil ini membuat skuad Garuda Muda memiliki enam poin dan berhak atas posisi runner-up Grup A. Otomatis, Merah Putih menjadi tim yang mendampingi Qatar sebagai jawara grup.

Misi meloloskan Garuda Muda ke perempat final Piala Asia U-23 merupakan satu dari dua parameter yang ditetapkan PSSI untuk memperpanjang kontrak sang pelatih yang habis Juni 2024 mendatang.

Sebelumnya, syarat pertama telah sukses dicapai Shin yakni dengan membawa Garuda terbang ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Hasil itu juga menjadi catatan sejarah karena untuk kali pertama Timnas Indonesia bisa masuk ke fase gugur kejuaraan Asia.

Dengan sederet catatan yang ia kemas dan target yang telah terealisasi dengan apik, pengumuman perpanjangan kontrak untuk sang juru racik tampaknya hajya tinggal menunggu waktu saja.

Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir juga telah menegaskan komitmennya belum lama ini, dan menyatakan bahwa kontrak Shin Tae-yong otomatis diperpanjang bila mampu membawa Garuda Muda menembus babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

“Itu kan sebuah komitmen yang kami sudah sepakat sama-sama bahwa ada target-target untuk coach Shin Tae-yong sebagai profesional dan dari saya sebagai profesional punya kesepakatan. Nah jadi jangan dipolemikan gitu. Jadi sudah ada hal-hal yang disepakati,” ujar sosok yang akrab disapa Etho di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2024).

Etho mengatakan, jika nantinya Timnas U-23 berhasil melaju ke delapan besar, maka sesuai kesepakatan kontrak sang pelatih akan diperpanjang hingga tahun 2027 mendatang.

“Ya kan sampai 2027. Ya 2027 saya udah ngomong,” ujarnya.

(Sumber)