Ditugaskan Pimpin Komisi X DPR, Hetifah Semangat dan Optimis

DPR RI telah selesai menyusun daftar nama pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang diajukan masing-masing partai. Terdapat beberapa nama lama dan baru yang akan mengisi posisi tersebut.

Partai Golkar mendapat porsi 13 kursi pimpinan, terdiri 3 ketua komisi dan 10 wakil ketua komisi serta badan.

10 orang wakil ketua tersebut diantaranya komisi X yang membawahi bidang pendidikan, kebudayaan, kepemudaan olahraga, perpustakaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Nama yang telah ditetapkan Golkar untuk mengisi posisi wakil ketua komisi X adalah Hetifah Sjaifudian. Ditemui di kantornya di gedung DPR RI, Hetifah menyatakan siap dan semangat untuk kembali memimpin Komisi X.

“Saya siap melaksanakan dengan semangat dan optimis untuk mengawal program-program pemerintah di komisi X” jelas legislator asal dapil Kalimantan Timur itu.

Hetifah berharap adanya menteri-menteri baru yang kreatif dan inovatif akan dapat menjadi angin segar bagi dunia pendidikan, kepemudaan, dan pariwisata serta ekonomi kreatif.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik menteri-menteri barunya dalam kabinet Indonesia Maju pada (23/10/2019) kemarin.

Diantara nama-nama tersebut, terdapat nama Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi, Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Zainudin Amali sebagain Menteri Pemuda dan Olahraga. Ketiga menteri tersebut yang akan menjadi partner Komisi X dalam 5 tahun pemerintahan kedepan.

“Terdapat banyak pekerjaan rumah bagi kita di komisi X. Salah satunya memastikan bagaimana nomenklatur yang baru dapat meningkatkan efisiensi dan efektiftas” ujar Hetifah yang sudah pernah diamanahkan menjadi wakil ketua komisi X di periode sebelumnya.

Ketua Umum PP KPPG ini juga menambahkan, struktur internal kementerian harus dipikirkan dengan benar-benar serius, agar eksekusi kebijakan dan juga koordinasi dapat berjalan dengan optimal.