Temui Jokowi, Zulkifli Hasan Bantah PAN Bahas Koalisi

Politikus  PAN Viva Yoga Mauladi membantah pertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membahas kemungkinan partainya masuk koalisi pemerintahan.

“Diskusinya tidak sejauh itu [pembicaraan koalisi],” kata Viva melalui pesan singkat, Jumat (6/3).

Viva mengatakan pertemuan yang berlangsung di Istana Merdeka itu membahas solusi-solusi cepat persoalan yang dihadapi Indonesia.

Salah satu poin pembahasan adalah revisi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Seperti diketahui, revisi UU Pemilu masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Tahun 2020.

Selain itu, kata Viva, Zulhas dan Jokowi hanya akan bernostalgia. Sebab sudah lama keduanya tak melakukan pertemuan.

“Kangen-kangenan sebagai sahabat yang baik karena sudah lama tak bersua. Sejak Pak Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo, mereka berdua sudah lama saling mengenal,” tuturnya.

Sebelumnya, Zulhas mengunjungi Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat (6/3) pagi. Dia mengadakan pertemuan tertutup dengan Jokowi hingga pukul 10.00 WIB. Saat meninggalkan Istana, Zulhas tak memberi keterangan apapun.

Pertemuan itu menjadi yang pertama usai Jokowi mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019. Pertemuan terakhir keduanya terjadi di Istana Merdeka, 14 Oktober 2019. PAN tak mendapat posisi di kabinet usai pertemuan itu.

Pertemuan itu juga jadi lawatan politik pertama Zulhas usai terpilih kembali menjadi Ketua Umum PAN pada Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10-12 Februari 2020. {CNN}