Tekno

Sering Dihantui Zoom Bombing Saat Rapat? Segera Aktifkan Otentifikasi Dua Faktor

0

Zoombombing telah menjadi istilah internet yang sangat populer sejak aplikasi konferensi video pertama kali mendapatkan popularitas di masa pandemik COVID-19.

Ini pada dasarnya menggambarkan tindakan orang yang tidak diinginkan dan sering kali berbuat jahat memasuki panggilan Zoom dengan memanfaatkan fitur keamanan aplikasi. Bahkan hingga hari ini, Zoombombing masih banyak terjadi, dengan beberapa kasus profil tinggi bahkan menjadi berita.

Kemarin, Zoom akhirnya memperkenalkan fitur keamanan yang telah lama ditunggu-tunggu dengan tujuan menghentikan troll dan pranksters. Fitur keamanan yang dimaksud ialah Two-Factor Authentication (2FA).

Dengan mengaktifkannya, administrator Zoom dapat menambahkan lapisan perlindungan ekstra untuk penggunanya.

Bagaimana Cara Kerja 2FA?

2FA mengharuskan Anda untuk menyajikan dua atau lebih cara untuk mengautentikasi kepemilikan atas akun pengguna. Metode otentikasi pengguna tambahan tersebut dapat mencakup kata sandi dan nomor pin, konfirmasi dari perangkat seluler, atau bahkan sidik jari.

Dengan semua fitur itu, risiko orang lain masuk ke akun Anda sangat berkurang. Sebab menebak kata sandi atau mendapatkan ponsel Anda, misalnya, tidak akan cukup lagi bagi mereka untuk masuk ke Zoom.

Laman Phone Arena menyebutkan, 2FA bukanlah konsep baru karena banyak layanan lain, seperti Google, memiliki opsi perlindungan akun pengguna tambahan yang serupa, kecuali Google menyebutnya Verifikasi 2 Langkah.

Bagaimanapun, jika Anda sadar tentang akun online, adalah ide bagus untuk mengaktifkan opsi verifikasi tambahan, jika memungkinkan.

Cara Mengaktifkan 2FA di Akun Zoom

Mengaktifkan Zoom 2FA untuk diri Anda sendiri, anak-anak, orang tua, dan siapa pun yang menggunakan Zoom sekarang harus menjadi prioritas.

Jika tertarik, maka begini cara Anda mengaktifkannya:
1. Masuk ke Dasbor Zoom
2. Di menu navigasi, klik Lanjutan, lalu Keamanan
3. Aktifkan “Masuk dengan Autentikasi Dua Faktor”

Anda kemudian akan memiliki opsi untuk mengaktifkan 2FA untuk semua pengguna di akun Anda, pengguna dengan peran tertentu, atau pengguna yang termasuk dalam grup tertentu. Saat Anda telah memilih pilihan Anda, klik Simpan.

Selamat mencoba! {sindonews}

Ada Menteri Mau Berkhianat? PDIP: Terpenting, Arahan Presiden Jelas

Previous article

Nia Ramadhani Habiskan Setengah Miliar Per Tahun Untuk Biaya Sekolah Anaknya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *