News  

Penghargaan 100 Tahun Bung Tomo, Langkah Revolusioner Pemuda Bangsa

Keluarga Pahlawan Nasional Bung Tomo, menggelar perlombaan yang bertajuk ‘Penghargaan 100 Tahun Bung Tomo’. Perlombaan tersebut diusung keluarga dalam rangka memperingati 100 tahun Bung Tomo yang jatuh 3 Oktober kemarin.

Acara yang digagas gerakan sosial Bhakti Untuk Negeri, bersama Yayasan Soerjo Modjopahit dan Mitra Lembaga pendukung lainnya seperti PT LRT Jakarta, NKE, komunitas vlogger Youth Red Cross, UNITI, dan RRI mengadakan sayembara ditengah Pandemi yang melanda Dunia dan NKRI.

“Sayembara dalam tiga kategori; Aksi Kepeloporan Penanggulangan Dampak Pandemi, Pidato Semangat Perjuangan, dan Puisi Syukur Kebangsaan, terbilang sebagai langkah yang revolusioner” ujar Putra Pahlawan Nasional Bung Tomo, Bambang Sulistomo.

Menurut Bambang Sulistomo, Aktualisasi pemanfaatan teknologi di tengah pandemi untuk dapat mendekatkan diri dengan rakyat, dengan menunjukan semangat serta pesan tersirat. “Di sinilah peran Kepahlawanan Pemuda Bangsa zaman now adalah tindakan yang tepat,” ucapnya.

Kegiatan ini digelar secara virtual, dan berhasil menjaring partisipasi 196 peserta secara Nasional (ulasan data panitia pelaksana) untuk dapat turut serta menunjukan Aksi dan Karyanya melalui sosial media yang diarahkan oleh panitia pelaksana.

“Ini bukti, bahwa milenial pun mampu menunjukan peran positif yang produktif, ditengah orasi dan dialektika opini yang mengarahkan bahwa milenial itu justru pasif dan minim kontributif – langkanya ketaladanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, patut segera dijadikan rambu-rambu waspada yang harus disikapi secara pro-aktif, ketimbang orasi non-konstruktif” tegas Troy, pendiri gerakan sosial Bhakti Untuk Negeri sekaligus ketua pelaksana Penghargaan 100 Tahun Bung Tomo.

Ada pun keterlibatan para dewan juri sudah tidak asing lagi peran dan partisipasinya untuk NKRI, seperti Najwa Shihab, Imam Budi Prasodjo, Putu Fajar Arcana, Sujiwo Tejo, Jaya Suparna, M. Fuad Nasar, Inaya Wahid, Effendi Ghazali dan Erros Djarot, menjadikan sayembara kegiatan ini, penuh pesan moral dan optimisme langkah strategis mendatang.

Puncak acara tanggal 10 November 2020 bertepatan dengan hari Pahlawan, ‘Penghargaan 100 Tahun Bung Tomo’ mengadakan sesi Webinar Nasional Hari Pahlawan 10 November 2020, di mana para pembicara adalah para tokoh lintas generasi dan yang memiliki peran dibidangnya masing-masing, seperti tokoh perjuangan kemerdekaan – saksi pertempuran Surabaya 10 November 1945 dan mantan Menteri Pertambangan dan Energi Prof. Dr. Subroto, Bambang Sulistomo Putra Bung Tomo, Wijanarko Dirut PT LRT Jakarta, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo Gubernur Lemhanas RI, Dr. H Soekarwo, S.h.,M.Hum Dewan Pertimbangan Presiden RI, Mistam Kadewan LPP RRI, Baskara Sukarya Ketua Umum UNITI, Dr Rudyono Darsono Ketua Dewan Pembina Yayasan Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dan Andri Ginting CEO Creation.

Keterlibatan beliau semua, tentunya dapat menjadi jangkar peradaban yang dapat saling melengkapi, untuk kehidupan mendatang negeri sekaligus mempertegas bahwa format kepahlawanan saat ini dan nanti, dapat berwujud beragam aksi dan potensi.