News

5 Fakta Ketum Baru MUI KH Miftachul Akhyar, Dukung FPI Hingga Sebut Ahok Sesatkan Umat Islam

0

Majelis Ulama Indonesia (MUI) baru saja menggelar acara Musyawarah Nasional (Munas) ke-10 di Hotel Sultan, Jakarta, pada 25-27 November 2020. Di mana dalam Munas tersebut, MUI juga turut melakukan pemilihan kepengurusan yang baru.

Dari proses pemilihannya, MUI memutuskan untuk memilih KH Miftachul Akhyar sebagai ketua umum (ketum) baru periode 2020-2025, menggantikan KH Ma’ruf Amin.

Lantas, seperti apa sosok Ketum MUI yang baru tersebut? Dihimpun oleh AKURAT.CO dari berbagai sumber, berikut 5 fakta penting KH Miftachul Akhyar.

1. Lahir di lingkungan pondok pesantren

KH Miftachul Akhyar atau akrab disapa Kiai Miftah lahir di Surabaya, Jawa Timur, 1 Januari 1953. Ia merupakan anak ke-9 dari 13 bersaudara. Sejak kecil, ia tinggal di lingkungan pondok pesantren.

Di mana sang ayah yakni KH Abdul Ghoni, adalah seorang pengasuh di Pondok Pesantren Tahsinul Akhlaq, Rangkah, Surabaya.

2. Jadi kader NU sejak muda

Sejak masih muda, Kiai Miftah diketahui sudah mengabdi sebagai kader Nahdlatul Ulama (NU). Terlebih lagi, ia juga sempat menempuh pendidikan di sejumlah pondok pesantren.

Seperti di Pondok Pesantren Tambak Beras, Pondok Pesantren Sidogiri di Jawa Timur, hingga Pondok Pesantren Lasem di Jawa Tengah.

3. Jabat Rais Aam NU

Seiring berjalannya waktu, Kiai Miftah menjadi tokoh yang terkenal dalam NU. Puncaknya, ia dipercaya menjadi Rais Aam atau ketua umum NU, pada periode 2018-2020.

Sebelumnya, ia juga pernah menduduki posisi lainnya di NU. Salah satunya adalah Wakil Rais Aam PBNU pada tahun 2015.

4. Dirikan pondok pesantren

Di Surabaya, Kiai Miftah mendirikan sebuah pesantren bernama Pondok Miftachus Sunnah. Diketahui, berdirinya pondok tersebut berawal saat Kiai Miftah mengadakan pengajian di sekitar rumahnya.

Karena jumlah santri yang berminat untuk belajar semakin meningkat, ia kemudian memutuskan untuk membangun sebuah pondok pesantren.

5. Jadi Ketum MUI

Pada tahun 2020 ini, Kiai Miftah terpilih menjadi Ketum MUI periode 2020-2025, menggantikan ketua sebelumnya yakni KH Ma’ruf Amin yang kini menjadi Wakil Presiden RI. Adapun pemilihan proses pemilihan Kiai Miftah sebagai Ketum MUI dilaksanakan melalui Munas MUI ke-10.

Itulah sederet fakta penting mengenai Ketum MUI periode 2020-2025, KH Miftachul Akhyar. {akurat}

Hotel Ini Berlapis Emas 24 Karat, Dari Peralatan Makan Hingga Toiletnya

Previous article

Jadi Episentrum Baru COVID-19, Ini 10 Wilayah Zona Merah di Jawa Tengah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *