News  

Hujan Lebat, Banjir Rendam Ratusan Rumah di Cianjur

Cianjur Hujan Lebat Banjir Bandang

Hujan lebat yang mengguyur di Cianjur, Jawa Barat mengakibatkan dibeberapa wilayah tergenang. Selain itu, banjir juga merusak puluhan rumah yang berada disepadan sungai di wilayah utara kota.

Banjir ini menghanyutkan empat rumah, 10 rumah rusak berat, 20 rumah rusak ringan dan 50 rumah terendam banjir akibat meluapnya sungai Cianjur, di Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur.

Sementara di Desa Sukamaju dan Desa Sirnagallih, tujuh rumah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cianjur dan Sungai Ciharashas. Selain banjir, longsor juga terjadi di Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang dan Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman yang sempat meninjau sejumlah lokasi mengatakan bahwa meluapnya sungai yang merendam sejumlah lokasi diakibatkan oleh kerusakan alam, sampah dan penyempitan sepadan sungai.

 

“Kami sudah intruksikan semua aparat pemerintahan turun ke jalan untuk membantu warga membersihkan wilayah yang tergenang banjir,” ungkap Herman, Minggu (8/4/2018).

Ia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan evaluasi terkait daerah rawan banjir yang melanda Cianjur, termasuk melakukan penertiban disepanjang sungai.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, BPBD Cianjur mencatat sebagian besar wilayah Keluarahan Pamoyanan, Cianjur kota terendam banjir, sehingga satu rumah rusak dan terbawa arus, serta jembatan tidak dapat dilalui.