Mengenal Ellya Khadam, Pelantun ‘Boneka Dari India’ Yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Banyak anak milenial mungkin kurang mengenal sosok Ellya Khadam. Namun, wajahnya menjadi Google Doodle hari ini, Sabtu (23/10/2021).

Memang Ellya memiliki karier yang bersinar di era ’60 sampai ’70-an. Karena itu, mari simak profil Ellya Khadam yang sukses mempopulerkan lagu Boneka Dari India itu.

Profil Ellya Khadam

Ellya Khadam memiliki nama asli Siti Alya Husnah. Ia lahir di Jakarta pada 23 Oktober 1928. Tepat di hari ini, Google pun memperingati ulang tahunnya yang ke-93. Ya, sejak kecil bakat seni Ellya memang sudah terlihat.

Saat remaja, Ellya berkarier sebagai penyanyi di Orkes Melayu Kelana Ria. Dibuat oleh oleh Adi Karso dan Munif Bahasuan, orkes ini memang populer di era ’60-an.

Namun, nama Ellya Khadam mulai terkenal setelah ia mencipta dan menyanyikan lagu Boneka Dari India. Perpaduan unsur tradisional Indonesia, India, dan Timur Tengah membuat lagu itu digemari di zamannya.

Bahkan, sampai saat ini lagu Boneka Dari India masih acap kali diputar di berbagai kesempatan. Ya, bisa dikatakan Boneka Dari India adalah salah satu lagu melayu yang menjadi cikal bakal musik dangdut di Indonesia.

Selain Boneka Dari India, Ellya juga mempopulerkan lagu Djandji dan Pergi Tanpa Pesan. Semua lagunya memang mengandung musik Melayu khas Indonesia.

Bukan cuma bernyanyi, Ellya juga piawai dalam berakting. Melansir Wikipedia, ada setidaknya 21 film yang ia bintangi.

Hebatnya, ia sering berkolaborasi dengan seniman-seniman hebat, seperti Bing Slamet di film Setan Djalanan serta Benyamin Sueb di film Biang Kerok dan Raja Lenong.

Mengenai kehidupan pribadinya, Ellya diketahui pernah menikah dua kali, namun bercerai. Ia pun memiliki dua orang anak.

Ellya Khadam meninggal dunia pada 2 November 2009. Ia berpulang setelah cukup lama berjuang melawan penyakit diabetes. {kumparan}