News  

Kentucky Porak Poranda Disapu Tornado, 100 Orang Tewas, Biden Umumkan Keadaan Darurat

Pada Jumat malam (10/12/2021) dan Sabtu dini hari (11/12/2021), tornado melewati beberapa negara bagian Amerika Serikat (AS), termasuk Kentucky, Illinois, dan Arkansas.

Puluhan orang di Selatan dan Midwest diyakini tewas. Dilansir NPR, Gubernur Kentucky Andy Beshear mengatakan, sedikitnya 70 orang di Kentucky kemungkinan tewas ketika cuaca buruk memporak-porandakan wilayah tersebut.

Baca juga: Tornado Menerjang Wuhan dan Shengze China, 12 Orang Tewas dan Lebih dari 300 Orang Terluka

Beshear mengaku khawatir jumlah korban tewas bisa saja meningkat menjadi lebih dari 100 jiwa. Peringatan tornado dari National Weather Service berlanjut di wilayah itu Sabtu pagi.

“Peristiwa ini adalah peristiwa tornado terburuk, paling dahsyat, paling mematikan dalam sejarah Kentucky,” kataBeshear, Sabtu sore.

“Kehancurannya tidak seperti apa pun yang saya lihat dalam hidup saya dan saya kesulitan mengungkapkannya dengan kata-kata,” katanya setelah melihat kerusakan di beberapa area.

Beshear berbicara dengan Presiden Joe Biden melalui telepon pada Sabtu sore. Biden menyetujui deklrasi keadaan darurat di negara bagian tersebut untuk mempermudah menyalurkan dana federal dan upaya bantuan.

Ia menyebut kerusakan yang diakibatkan badai tornadi di wilayah selatan Amerika “menghancurkan”.

Biden juga berbicara dengan gubernur dari Arkansas, Missouri, Tennessee dan Illinois, negara bagian yang juga melihat kerusakan akibat tornado.

“Pemerintah federal akan melakukan segalanya, semua yang bisa dilakukan untuk membantu,” kata Biden.

Baca juga: Geger Fenomena Alam Pusaran Awan Putih Mirip Tornado di Bogor, BMKG Imbau Warga Menjauh

Badan Manajemen Darurat Federal telah mengerahkan tim pencarian dan penyelamatan serta air dan persediaan, katanya, dan akan membantu menemukan tempat tinggal sementara bagi orang-orang.

Biden mengatakan siap mengumumkan keadaan darurat untuk negara bagian lain yang terkena dampak jika gubernur memintanya.

Ia berencana untuk mengunjungi Kentucky ketika kehadirannya tidak akan mengurangi upaya tanggap darurat. Laporan di media sosial menunjukkan kerusakan parah akibat badai Jumat malam. Sebuah kereta tergelincir dari angin, merusak banyak rumah. {tribun}