News  

Kemegahan IKN Nusantara: Miliki Bandara Antariksa Hingga Tol Bawah Laut

Rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus berlanjut. IKN Nusantara digadang-gadang punya sederet infrastruktur modern. Di antaranya adalah Istana Negara rancangan seniman Nyoman Nuarta, bandara antariksa mirip SpaceX, hingga tol bawah laut.

Hal ini juga sejalan dengan keinginan Presiden Jokowi agar IKN Nusantara mengadopsi berbagai teknologi modern. Berikut deretan infrastruktur megah yang direncanakan ada di IKN Nusantara:

Istana Berbentuk Burung Garuda

Presiden Jokowi dikabarkan telah menyetujui desain Istana Presiden di ibu kota baru. Hal itu diungkapkan sendiri oleh sang desainer bangunan tersebut, yakni seniman patung Nyoman Nuarta.

Dalam akun instagramnya, Nyoman Nuarta juga menampilkan gambar desain Istana Presiden. Gambar tersebut seperti yang sudah beredar selama ini, yakni berbentuk dasar burung Garuda. Tapi kali ini Nyoman menampilkan gambar lebih lengkap dari berbagai sisi.

Bandara Antariksa Mirip SpaceX

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa, mengatakan pemerintah akan membangun bandara antariksa di lokasi IKN.

Bandara antariksa ini bakal mirip SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat.

“Mungkin ketua pansus sudah datang ke SpaceX di LA. Mereka minta titik Indonesia itu di IKN selain Biak, untuk tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan yang luar biasa,” ujar Suharso dalam Rapat Panja IKN di DPR RI, Kamis (13/1).

Menurut Suharso apabila bandara antariksa tersebut jadi dibangun, maka pesawat berkecepatan tinggi bisa mendarat di sana. Pesawat ini hanya akan membutuhkan waktu 1,5 sampai 2 jam untuk perjalanan dari Indonesia ke AS.

Tol Bawah Laut

Satu lagi infrastruktur modern yang baru mencuat adalah bakal adanya terowongan atau tol bawah laut. Ini diungkapkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol PUPR Danang Parikesit.

“Tol bawah laut itu mungkin yang dimaksud teknologi teknisnya adalah submersible crossing. Jadi selama ini kalau kita menyeberang sungai atau muara kan pakai jembatan tahunya,” ujar Danang di Kementerian PUPR pada Senin (24/1).

“Itu kita sudah punya teknologi submersible, jadi ada semacam terowongan ditenggelamkan di laut atau sungai sehingga bisa melintas,” sambungnya.

Danang menjelaskan, saat ini belum ada lokasi yang sudah ditetapkan. Lokasi tersebut akan ditentukan setelah pembahasan teknis dan pendanaan rampung.

Rusun Ala Turki

Kementerian PUPR mulai mengungkapkan rencana desain bangunan-bangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Infrastruktur di ibu kota baru itu bakal mengadopsi teknologi modern dari berbagai negara.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, untuk gambaran rumah susun di IKN misalnya, tak menutup kemungkinan meniru desain bangunan di Turki.

“Pada waktu beliau ke Turki, Pak Menteri (Basuki) juga melihat rumah susun yang ada di lembah-lembah. Itu kita sebutnya perumahan sosial,” ujar Endra di Kementerian PUPR pada Senin (24/1).

“Itu juga sangat menarik karena sesuai dengan kontur yang ada di Penajam Paser Utara,” sambungnya. {kumparan}