Eni Saragih Ditangkap, Golkar Tunggu Penjelasan KPK

Eni Saragih Ditangkap, Golkar Tunggu Penjelasan KPK Radar Aktual

Partai Golkar masih menunggu penjelasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penangkapan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Saragih.

Anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) itu ditangkap di rumah dinas Menteri Sosial Idrus Marham, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2018). KPK juga mengamankan delapan orang lain yang terdiri atas unsur swasta, staf ahli, dan sopir.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan partainya belum bisa bersikap setelah kadernya ditangkap KPK karena harus menunggu informasi resmi lembaga antirasuah tersebut.

“Partai Golkar menunggu penjelasan resmi dari KPK terkait hal itu,” kata Ace di Jakarta, Jumat (13/7/2018). Dia mengatakan partainya belum mendapatkan informasi utuh terkait isu yang beredar itu. Menurut dia, Golkar memilih menunggu keterangan resmi yang disampaikan KPK.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Maman Abdurrahman mengklarifikasi bahwa tidak ada operasi tangkap tangan (OTT) di rumah dinas Menteri Sosial Idrus Marham, namun Eni Saragih dijemput oleh petugas KPK.

“Jadi perlu saya klarifikasi bahwa tidak ada OTT di rumah Mensos, namun lebih tepat nya KPK menjemput ES dirumah Mensos,” kata Maman.

Dia menjelaskan saat ES dijemput di Rumah Dinas Mensos pada Jumat siang, sedang diadakan perayaan ulang tahun putri Idrus yang dihadiri beberapa pejabat Kemensos, keluarga dan beberapa temen maupun kolega.

Menurut dia, ES datang sekitar pukul 14.00 WIB sebagai tamu undangan, dan pukul 15.00 WIB petugas KPK datang menemui ES untuk ikut ke kantor KPK dengan menunjukkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik).