Hasil F1 GP Emilia Romagna 2022: Max Verstappen Juara di Kandang Ferrari, Charles Leclerc Gagal Podium

Hasil balapan Formula One (F1) GP Emilia Romagna 2022 dimenangkan oleh pembalap tim Red Bull Racing, Max Verstappen. Sang juara F1 2021 itu mampu tampil luar biasa di kandang Scuderia Ferrari.

Berputar selama 63 lap di trek yang merupakan markas Ferrari, juara bertahan F1 itu tampil dominan sepanjang balapan. Dia melaju sangat kencang dan benar-benar tak terkejar sejak balapan dimulai hingga akhir.

Kemudian, posisi kedua diamankan oleh rekan setimnya, Sergio Perez. Lalu, Lando Norris melengkapi tiga podium teratas.

Sementara itu, sang pemuncak klasemen F1 2022, Charles Leclerc, mengalami insiden yang membuatnya finis di tempat keenam. Lalu Lewis Hamilton, hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi 14.

Jalannya Balapan

Melaju di Autodromo Enzo e Dini Ferrari, Verstappen yang mendapat pole position tak kehilangan posisinya begitu balapan dimulai. Dia memimpin rekan setimnya, Sergio Perez dan juga Lando Norris.

Akan tetapi, tak lama setelah dimulai, Carles Sainz dan Daniel Ricciardo mengalami insiden. Terjadi kontak antara pembalap Ferrrari dan McLaren itu di Tikungan 1, yang membuat mobil mereka keluar lintasan dan berhenti di atas gravel.

Akibat dari insiden tersebut, Sainz tak mampu melanjutkan balapan lagi. Sementara Ricciardo masih bisa meneruskan perjalanannya di Imola.

Beberapa lap kemudian, giliaran Fernando Alonso yang mengalami nasib sial. Pembalap Alpine itu menghajar dinding pembatas yang membuatnya terpaksa menyelesaikan balapan lebih awal.

Sepuluh lap balapan berjalan, Verstappen masih nyaman di posisi terdepan. Dia masih diikuti oleh Perez di posisi kedua, namun sang pemimpin klasemen, Charles Leclerc, kini mengisi tempat ketiga setelah menyalip Norris pada lap sembilan.

Pada lap 21, posisi tiga terdepan masih di tempati oleh Verstappen, Perez dan Leclerc. Lalu, Norris, Russel dan Bottas masing-masing mengisi posisi empat, lima dan enam.

Empat lap berselang, terjadi persaingan sengit antara Perez dan Leclerc. Sang pembalap Ferrari mulai mengintip dari belakang sang pembalap Red Bull untuk mencari celah menyalip, namun dia masih gagal melakukannya.

Memasuki lap 32, Verstappen belum diganggu oleh para pembalap di belakangnya. Begitu pula dengan Perez dan Leclerc yang masih iring-iringan di posisi kedua dan ketiga diikuti oleh Norris dan Russel.

Sementara itu, Lewis Hamilton masih tercecer di urutan 14. Dia terus berjuang memperbaiki posisinya dan perlahan-lahan mulai memepet Pierre Gasly yang ada di depannya.

Dominasi Verstappen terus berlanjut hingga lap 41. Bahkan, pembalap asal Belanda itu sudah menyalip rivalnya musim lalu, Hamilton, yang masih tertahan di posisi 14.

Begitu pula dengan posisi dua dan tiga masih dimiliki oleh Perez dan Leclerc. Sementara di tempat keempat dan kelima diisi oleh Norris dan Russel.

Posisi tersebut terus bertahan hingga lap ke-54 di mana Leclerc mengalami insiden. Pembalap berpaspor Monaco itu kehilangan kendali ketika menikung yang membuat mobilnya berputar dan berhenti di pinggir trek.

Beruntung bagi Leclerc, mobilnya tidak mengalami masalah dan bisa melanjutkan balapan meski setelahnya dia langsung masuk pit untuk mengganti ban. Namun, dia juga kehilangan posisinya dan turun ke urutan 10.

Kondisi tersebut, membuat Norris otomatis naik ke urutan ketiga. Akan tetapi, dia terus diikuti oleh Russel dan Bottas yang berjarak tak terlalu jauh darinya.

Hingga balapan berakhir, Verstappen masih terus mempertahankan posisinya dan keluar sebagai pemenang diikuti oleh Perez dan Norris. Sementara Leclerc, mampu naik tiga posisi setelah insiden dan finis di tempat keenam.

Berikut Hasil F1 GP Emilia Romagna 2022:

1 Max Verstappen NED Oracle Red Bull Racing 63 Laps

2 Sergio Perez MEX Oracle Bull Racing + 16.527s

3 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 34.834s

4 George Russell GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 42.506s

5 Valtteri Bottas FIN Alfa Romeo F1 Team Orlen + 43.181s

6 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari + 56.072s

7 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri + 61.110s

8 Sebastian Vettel GER Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 70.892s

9 Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team + 75.260s

10 Lance Stroll CAN Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team + 1 Lap

11 Alexander Albon THA Williams Racing + 1 Lap

12 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri + 1 Lap

13 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 1 Lap

14 Esteban Ocon FRA BWT Alpine F1 Team + 1 Lap

15 Guanyu Zhou CHN Alfa Romeo F1 Team Orlen + 1 Lap

16 Nicholas Latifi CAN Williams Racing + 1 Lap

17 Mick Schumacher GER Haas F1 Team + 1 Lap

18 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 1 Lap

Fernando Alonso ESP BWT Alpine F1 Team DNF

Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari DNF {okezone}