News  

Prabowo Ziarah ke Makam Gus Dur: Saya Tukang Pijat Beliau, Sang Pemimpin Visioner

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto melanjutkan silaturahmi lebaran di Jawa Timur. Hari ini, Prabowo bersama rombongan mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Setiba di lokasi Prabowo disambut langsung oleh pimpinan ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin.

“Selamat datang Pak Prabowo, selamat lebaran minal aidzin walfaidzin Pak,” ucap Gus Kikin di lokasi, seperti dikutip dalam rilis, Rabu (4/5).

“Mohon maaf lahir batin Gus,” balas Prabowo.

Lalu, Prabowo dan Gus Kikin menggelar pertemuan secara tertutup. Usai pertemuan, Prabowo bersama rombongan dan Gus Kikin bergegas menuju makam almarhum Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Usai ziarah ke makam Gus Dur, Prabowo menjelaskan maksud kedatangannya ke Ponpes Tebuireng.

“Saya memang sudah sering datang ke sini, merasa dekat dengan keluarga besar (ponpes) Tebuireng. Dan saat libur ini, saya keliling silaturahmi lebaran dengan sahabat sahabat lama saya. Pembahasannya ya yang ringan-ringan saja, melepas rasa kangen ya,” ujar Prabowo.

Menhan kemudian mengaku dekat dengan Gus Dur. Prabowo menyebut Gus Dur sebagai pemimpin visioner.

“Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijet beliau. Dan saya kira kedekatan saya dengan almarhum sangat dekat ya,” jelas Prabowo

Gus Dur sempat menyebut Prabowo adalah orang yang paling ikhlas. “Kalau orang yang paling ikhlas kepada rakyat Indonesia itu Prabowo. Ya banyak lah (hal) yang menunjukkan betapa dia ikhlas betul kepada rakyat Indonesia,” ucap Gus Dur dulu.

Tak hanya itu, Gus Dur juga pernah berucap bahwa Prabowo akan menjadi presiden di usia tua. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh KH Irfan Yusuf Hasyim, salah satu cucu dari pendiri NU KH Hasyim Asyari yang juga keluarga besar ponpes Tebuireng.

“Saya mengutip ucapannya Gus Dur, beliau pernah mengatakan Pak Prabowo jadi presiden di usia tua. InsyaAllah 2024,” ungkap Gus Irfan.

Kedatangan Prabowo ternyata menarik perhatian sejumlah santri dan warga sekitar. Prabowo pun tak sungkan menerima ajakan berfoto dengan warga yang hadir. {kumparan}