KPK Periksa Zulkifli Hasan Terkait Kasus Bupati Lampung Selatan

KPK Periksa Zulkifli Hasan Terkait Kasus Bupati Lampung Selatan Radar Aktual

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyambangi KPK. Rupanya kedatangan Zulkifli sebagai saksi atas panggilan penyidik KPK berkaitan dengan perkara suap adiknya yang juga Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan.

“Zulkifli Hasan dipanggil dalam kapasitas sebagai Wakil Ketua Majelis Pembina Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti),” ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Selasa (18/9/2018).

Dalam perkara itu, Ketua Umum Perti Basri Bermanda dan Sekjen Perti Pasni Rusli sudah diperiksa KPK. Pemeriksaan KPK terhadap para pengurus Perti itu terkait dengan permintaan peminjaman tempat pada Zainudin saat menjabat bupati.

“Terhadap saksi ketua umum dan sekjen Perti, penyidik hari ini mengklarifikasi lebih lanjut terkait salah satu surat yang pernah dikirim organisasi itu untuk peminjaman tempat di Lampung Selatan. Itu diklarifikasi dan dikonfirmasi lebih lanjut,” kata Febri soal pemeriksaan Basri dan Pasni pada Rabu, (12/9/2018).

Zainudin ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas kasus suap proyek infrastruktur. Dia diduga mendapatkan imbalan berupa fee proyek sebesar 10-17 persen di lingkungan Dinas PUPR Kabupaten Lampung Selatan.

Tersangka lain yang juga menyandang status tersangka adalah Gilang Ramadan dari CV 9 Naga, Agus Bhakti Nugroho selaku anggota DPRD Provinsi Lampung, dan Anjar Asmara selaku Kepala Dinas PUPR.

KPK mengamankan Rp 200 juta dari tangan Agus Bhakti Nugroho yang diduga berasal dari pencairan uang muka sejumlah proyek senilai Rp 2,8 miliar.