News  

Cinta Lama Tak Bersemi Kembali di Formula E

Bumbu-bumbu politik terasa begitu kental dalam ajang balapan mobil listrik Formula E yang bakal digelar besok, 4 Juni 2022. Bagi Sandiaga Uno, walaupun Mandalika itu jauh tapi begitu dekat di hati Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu. Tak terhitung berapa kali Sandiaga Uno mendatangi sirkuit Balap MOTOGP di Mandalika nan jauh dari Jakarta.

Belum terdengar kabar Sandiaga Uno meninjau arena balapan mobil listrik pertama di Indonesia, Formula E. Padahal, jarak tempuh antara rumah dan kantor Sandiaga Uno tak sampai 60 menit ke Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Bosnya Sandi, Jokowi sudah berkunjung ke JIEC.

Ketika Balap MotoGP Mandalika, Sandiaga Uno bolak bolak ke Mandalika. Media sosial Sandi pun penuh dengan aktivitas Sandi di Mandalika.

Walau berjarak kurang dari 60 menit dari kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke ajang balapan mobil listrik Formula E. Namun sampai detik ini pun belum tersiar kabar Sandiaga Uno datang ke Ancol, tempat sirkuit Formula E diselenggarakan. Media sosial Sandi pun dingin sedingin cinta Sandi pada Anies Baswedan. Tak satupun Instagram Sandi bercerita tentang Formula E. Pertanda cinta Sandi sudah berpaling ke lain hati? Wallahua’lam

Tak jauh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejajar dengan Balaikota, tempat Anies Baswedan berkantor. Belum ada pula sapa ‘cinta’ dari Erick Thohir, Menteri BUMN yang berjarak hanya puluhan meter dengan Balaikota Jakarta.

Tak satupun BUMN yang jadi sponsor Formula E. Lain ceritanya dengan Balap MotoGP Mandalika. BUMN menggelontorkan fulus triliunan rupiah untuk Mandalika. Sementara untuk Formula E nilainya begitu fantastis, zonk rupiah.

Padahal Pilpres 2024 masih lama. Dua puluh satu bulan lagi. Padahalnya lagi, ajang balapan mobil listrik Formula E bukan event politik. Tapi mengapa nuansa politiknya begitu kental. Banyak yang kejang-kejang melihat momen ini. Anies Baswedan makin populer walaupun ‘dikucilkan’ oleh elit penguasa negeri ini. Publik bersimpati pada Anies saat ‘cinta’ Anies ‘putus’ dengan Sandi dan Erick.

Padahalnya lagi, ajang balapan mobil listrik Formula E hendak mengirimkan pesan pada dunia bahwa Jakarta adalah kota global yang berani mengambil peran transformatif dalam mengatasi perubahan iklim, menciptakan lingkungan yang layak huni, dan memastikan perubahan mobilitas yang berkelanjutan, begitu kata Anies Baswedan sebelas jam yang lalu dalam instagramnya.

Pilpres memang kejam. Cinta bisa pupus seketika lantaran berbeda pilihan politik. Mata pun jadi gelap. Tak bisa lagi membedakan mana ajang politik dan bukan politik. Dia bukan orang kita lagi. Kira-kira begitu pesan yang kita tangkap.

Formula E harusnya memperkuat cinta yang pernah bersemi di tahun 2017. Tapi karena politik, cintapun harus berpisah. Akankah antara Anies, Sandi dan Erick akan CLBK (cinta lama bersemi kembali) September 2023 nanti?

Walkahua’lam bish-shawab

Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor, 3 Dzulqa’dah 1443/3 Juni 2022
Tarmidzi Yusuf, Pegiat Dakwah dan Sosial