Tekno  

Duh! Diserbu Bintang 1 di Play Store: Aplikasi MyPertamina Crash Hingga Susah Login

Ulasan aplikasi MyPertamina oleh beberapa pengguna di Play Store. Foto: Screenshot

Pertamina menguji coba mekanisme baru pembelian BBM jenis Pertalite dan Solar mulai hari ini, Jumat (1/7). Warga diharuskan mendaftarkan diri di MyPertamina untuk bisa membeli kedua BBM bersubsidi itu.

Alhasil kebijakan tersebut membuat warga berbondong-bondong mengunduh aplikasi MyPertamina di Google Play Store. Berdasarkan pantauan kumparan, aplikasi MyPertamina sudah di-download sebanyak 5 juta kali.

Sayang, dari jutaan unduhan tersebut, banyak pengguna menyerbu aplikasi tersebut dengan ulasan buruk alias bintang satu.

Total ada lebih dari 162 ribu ulasan pengguna, dengan 155.188 di antaranya memberikan bintang 1 per Jumat (1/7) pukul 13.01 WIB

Akibatnya, rating aplikasi MyPertamina di Google Play Store hanya 1,1.

Rata-rata ulasannya perihal keluhan pengguna, seperti kesulitan mendaftar atau kesusahan menghubungkan aplikasi yang sering crash (aplikasi eror). Ada juga yang mengeluhkan pembayaran dengan metode ini hanya berlaku untuk beberapa SPBU saja.

“Tidak bisa login. Aplikasinya bilang jika saya sudah registrasi tapi ini pertama kali saya mendaftar,” kata seorang pengguna aplikasi MyPertamina di kolom ulasan Google Play Store.

“Aplikasi sering crashing. Saya melewati verifikasi dua langkah dengan mudah tanpa menyertakan kode OTP,” tulis salah satu komentar.

“Hanya menerima pembayaran di SPBU tertentu. Bahkan di beberapa tempat masih sering ditolak karena masalah jaringan atau baterai EDC yang habis,” ujar pengguna dalam ulasannya.

Tidak sedikit juga pengguna yang khawatir karena harus membuka ponselnya di SPBU. Sebab, penggunaan handphone (HP) di SPBU dilarang karena berbahaya.

Sebelumnya, pendaftaran MyPertamina dibutuhkan sebagai verifikasi kendaraan dan identitas pembeli Pertalite atau Solar. Tujuannya untuk konfirmasi apakah pembeli layak atau tidak menerima dua BBM bersubsidi tersebut.

Selain itu, pendaftaran juga dibutuhkan agar ada pencatatan transaksi secara digital. Harapannya memudahkan Pertamina untuk mengenali pelanggannya.

Kebijakan ini belum diwajibkan untuk pengguna kendaraan roda dua atau motor. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan kewajiban mendaftar baru berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih.

“Saya tegaskan untuk pendaftaran saat ini kita buka untuk kendaraan roda 4, khususnya Pertalite. Untuk Solar sesuai Perpres No 191 Tahun 2014.”

– Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, saat konferensi pers, Kamis (30/6)

Irto menegaskan, keharusan pengguna untuk mendaftar di MyPertamina hanya melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Dengan begitu, pengguna BBM bersubsidi tidak diwajibkan mengunduh aplikasi tersebut.

Irto pun memastikan selama masa pendaftaran ini, pengisian BBM baik itu Solar maupun Pertalite masih seperti biasa. Karena nantinya, ketika sistem baru sudah diimplementasi, pengguna harus menunjukkan QR code yang didapat setelah pendaftaran.

Kebijakan Google Play Store memang mengizinkan pengguna memberi rating bintang satu untuk aplikasi yang diinstal dari layanannya. Tujuannya untuk mengulas kinerja aplikasi yang bersangkutan sesuai dengan penilaian pengguna.

Tapi, pengguna dilarang keras untuk ‘memposting ulasan palsu yang dimaksudkan untuk meningkatkan atau menurunkan ‘peringkat’.

Raksasa teknologi asal AS itu juga meminta pengguna untuk mengikuti pedoman ulasan mereka. Beberapa di antaranya adalah ‘cobalah untuk memasukkan hal positif maupun kekurangannya’, ‘bersikap baik kepada orang lain; jangan menyerang orang lain’, dan ‘jadikan komentar Anda bermanfaat dan informatif’.

Anda dapat menulis ulasan untuk apa pun yang Anda beli atau sewa dari Google Play. Ulasan adalah cara yang efektif untuk membantu orang lain menentukan pilihannya dengan menceritakan pengalaman Anda.

Google tidak membayar siapa pun untuk memberi rating atau ulasan pada konten di (Google) Play (Playstore), dan kami berharap agar para pengulas jujur dan tidak berpihak.(Sumber)