Tekuk PSM Makassar 2-1, Borneo FC Melaju ke Semifinal Piala Presiden 2022

Borneo FC mengalahkan PSM Makassar dalam laga babak 8 besar Piala Presiden 2022 di Stadion Segiri, Samarinda, pada Minggu (3/7). Skornya 2-1. ‘Pesut Etam’ melaju ke semifinal.

Gol Borneo FC dicetak oleh Agung Prasetyo di menit 6 dan Matheus Pato di menit 18. Gol PSM dicetak oleh Wiljan Pluim di menit 76. Ada insiden kartu merah Yance Sayuri di ujung laga.

Starting XI Borneo FC vs PSM di Piala Presiden
Borneo FC XI: Angga Saputro; Leo Guntara, Agung Prasetyo, Javlon Guseynov, Muhammad Fajar; Hendro Siswanto, Jonathan Bustos, Kei Hirose; Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Terens Puhiri.

PSM XI: Reza Arya; Rizky Eka, Yuran Fernandes, Erwin Gutawa, Safrudin Tahar; Ananda Alief, Rasyid Bakri; Yakob Sayuri, Wiljan Pluim, Ramadhan Sananta; Everton Nascimento.

Jalannya Laga Borneo FC vs PSM di Piala Presiden

Di menit 3, PSM membuat peluang. Berawal dari lemparan ke dalam, terjadi kemelut di kotak penalti Borneo FC, Pluim melepas tendangan yang masih bisa diblok bek.

Di menit 6, Borneo FC mencetak gol. Memanfaatkan umpan lambung sepak pojok dari Bustos, Agung mencetak gol dengan sundulan kepala. 1-0.

Borneo FC nyaris mencetak gol di menit 9. Pato melepas tendangan dari luar kotak penalti, tetapi arahnya masih melebar.

PSM juga coba melepas tendangan jarak jauh. Di menit 10, Bakri melepas sepakan dari luar kotak penalti, tetapi arahnya menyamping dari gawang Borneo FC.

Borneo FC melepas sepak pojok di menit 17. Bustos melepas tendangan langsung, bola bisa ditepis Reza.

Borneo FC mencetak gol di menit 18. Lilipaly melepas umpan silang lambung ke kotak penalti, Reza dan Terens berebut bola di udara, bola terlepas, bola liar direbut Pato dan dia lalu melepas tendangan ke gawang kosong PSM. 2-0.

Di menit 26, terjadi keributan. Bustos dan Fernandes terlibat saling dorong dan saling tarik. Keduanya harus dilerai oleh rekan dari kedua tim masing-masing. Wasit berkonsultasi dengan ofisial keempat, hasilnya tidak ada kartu untuk keduanya.

PSM mendapat peluang di menit 30. Everton melepas tendangan dari jarak dekat, tetapi arah bolanya masih melebar.

Setelah water break, kedua tim silih-berganti membangun serangan. Hingga babak pertama usai, tidak ada gol lagi tercipta.

PSM menyengat di babak kedua. Dua peluang beruntun di menit 55 belum berujung gol. Tembakan Everton bisa diblok bek Borneo FC, sementara Yakob melepas tendangan yang masih bisa diamankan Angga.

PSM mencetak gol di menit 76. Pluim melepas tendangan bebas akurat. 2-1.

Terjadi drama di menit akhir. Yance Sayuri (pengganti Erwin) dikartu merah pada menit 90+4. Sebab, Yance menendang bola, entah ke arah tribune atau ke arah ball boy, agak kurang jelas.

Tidak ada gol lagi tercipta hingga bubar. Para pemain PSM masih coba protes ke wasit usai peluit dibunyikan, pelatih Bernardo Tavares sampai harus menenangkan pemainnya.(Sumber)