Pratama Arhan Debut, Tokyo Verdy Menang 1-0 di Markas Tochigi SC

Tokyo Verdy berhasil membawa pulang tiga poin saat melawat ke markas Tochigi SC dalam lanjutan Divisi Kedua Liga Jepang (J2 League), Rabu (6/7). Bermain di Kanseki Stadium, Tokyo Verdy menang 1-0 berkat gol Ryoga Sato di menit 76.

Pada laga ini, penggawa Timnas Indonesia, Pratama Arhan, menjalani debutnya bersama Tokyo Verdy. Pemain berusia 20 tahun tersebut tampil sebagai starter dan diplot sebagai winger kanan.

Arhan tampil selama 45 menit atau satu babak. Pada awal babak kedua, ia digantikan oleh Mizuki Arai. Menyoal penampilan Arhan, salah satu momen terbaik eks PSIS Semarang itu terjadi di menit 38.

Kala itu, Arhan berhasil mengirimkan umpan manja ke kotak penalti dan berhasil disambar Junki Koike, tetapi sayang tak berbuah menjadi gol.

Susunan Pemain

Tochigi SC: S Kawata, K. Suzuki, N. Otani, S. Omori, H. Kurosaki, K. Kanbe, T. Yachida, K. Fukumori, T. Mori, K. Ueda, K. Yano

Tokyo Verdy: Mattheus Vidotto, Yu Miyamoto, Boniface Nduka, Hiroto Taniguchi, Yuta Narawa, Koken Kato, Akira Nishitani, Haruya Ide, Pratama Arhan, Keito Kawamura, Junki Koike

Tokyo Verdy mengambil inisiatif penyerangan pada awal babak pertama. Pada menit ke-5, Tokyo Verdy mendapat peluang dari sepak pojok. Pratama Arhan menjadi eksekutor, sayang umpan yang dikirimkannya ke kotak penalti bisa ditepis kiper Tochigi.

Pada menit ke-15, Tochigi coba menekan lini pertahanan Tokyo Verdy. Ada crossing yang dilancarkan pemain Tochigi ke kotak penalti,

beruntung upaya tersebut masih bisa dihalau bek Tokyo Verdy. Tiga menit berselang, Tochigi kembali mengancam. Penyerang Tochigi, Toshiki Mori, melancarkan tembakan jarak jauh. Namun, upayanya masih melebar dari sasaran.

Arhan yang diplot sebagai winger, tak jarang turun membantu pertahanan. Ia juga sesekali beradu duel dengan pemain Tochigi, baik duel darat maupun udara. Pada menit ke-30, Arhan diganjar kartu kuning oleh wasit. Ia menerima kartu kuning usai menarik baju dari kapten Tochigi, Kenta Fukumori.

Hingga menit ke-35, Tokyo Verdy masih kesulitan dalam mengembangkan permainan. Kerap kali upaya serangan yang dilancarkan masih bisa dipatahkan lini pertahanan Tochigi.

Pada menit ke-38, Arhan menunjukkan tajinya dalam hal mengirim umpan. Bergerak di sisi kanan, Arhan kirimkan crossing ke kotak penalti. Umpan tersebut berhasil disambar oleh Junki Koike. Sayang, sepakan Koike masih terlalu lemah dan bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Tochigi.

Pada menit ke-41, Arhan kembali melancarkan umpan silang ke kotak penalti. Sayang, umpannya kali ini bisa ditangkap oleh kiper Tochigi. Di sisa paruh pertama, kedua tim saling berbalas serangan. Namun, tak ada satu pun yang membuahkan hasil. Alhasil skor 0-0 menutup babak pertama.

Memulai babak kedua, Pratama Arhan ditarik keluar. Ia digantikan oleh Mizuki Arai. Dengan demikian, eks PSIS Semarang itu hanya bermain 45 menit atau satu babak dalam laga debutnya bersama Tokyo Verdy.

Pada menit ke-63, Tokyo Verdy coba memberikan ancaman ke gawang Tochigi. Sayang, tembakan Koki Morita mampu diblok bek Tochigi

.
Pada menit ke-76, Tokyo Verdy akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan. Adalah pemain pengganti, Ryoga Sato, yang menyarangkan gol melalui sepakan kaki kiri di dekat kotak penalti. Bola datar sepakan Ryoga yang menyasar pojok kanan gawang Tochigi tak mampu dihalau Kawata.

Hingga akhir laga, Tokyo Verdy berhasil mempertahankan keunggulan 1-0. Alhasil, tim besutan Hiroshi Jofuku ini berhak membawa pulang tiga poin.(Sumber)