News  

Rutin Berkurban Singgih Januratmoko: Momentum Menjaga Ketulusan Dalam Beribadah

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah 5 yang meliputi Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta, Singgih Januratmoko ikut melaksanakan hari raya Idul Adha dengan melakukan kurban satu ekor sapi di setiap kabupaten di Dapilnya.

Tahun 2022 atau hari raya Idul Adha tahun 1443 hijriah ini, Singgih Januratmoko total berkurban 8 ekor sapi yang diberikan masing-masing 1 ekor pada setiap kabupaten di Dapil Jawa Tengah 5 melalui DPD II Partai Golkar setiap kabupaten/kota dan 4 lainnya ekor disalurkan melalui Singgih Januratmoko Center (SJC).

“Hari raya Idul Adha tahun 2022 ini alhamdulillah saya diberikan rezeki untuk berkurban. Total ada 4 sapi yang saya berikan untuk DPD II Partai Golkar di Dapil Jateng 5 dan 4 sapi saya salurkan melalui teman-teman di SJC,” ujar Singgih Januratmoko melalui pernyataan tertulisnya kepada Golkarpedia.com pada 12/07/2022.

Bagi Singgih Januratmoko hari raya Idul Adha bukan hanya kesempatan untuk berbagi, lebih dari itu, Anggota Komisi 6 DPR ini menggarisbawahi mengenai makna ketulusan dan kepasrahan sebagai manusia.

“Berkurban bukan sekadar berbagi, berkurban juga memiliki makna mendalam mengenai ketulusan seorang Ismail yang rela hendak dikurbankan oleh ayahnya Nabiyullah Ibrahim. Ketulusan mereka dibayar tuntas oleh Allah SWT dengan ganti seekor biri-biri. Peristiwa ini harus senantiasa kita ingat bahwa untuk beribadah kepada Allah, ketulusan dan kepasrahan merupakan nilai utama,” jelas Singgih Januratmoko.

“Dewasa ini, di era modern seperti sekarang, ketulusan dan keberserahan apalagi kepasrahan merupakan hal yang jarang ditemui. Momentum Idul Adha melatih hati kita agar senantiasa tulus dan berserah diri kepada Allah, itu juga inti dari ajaran agama Islam,” sebutnya.

Diketahui sebelumnya, Singgih Januratmoko secara rutin selalu berkurban setiap tahunnya. Ia tidak hanya tampil mengabarkan ibadah kurban yang dilakukannya tahun ini, sejak tahun 2018 Singgih Januratmoko bahkan menyisihkan rezekinya untuk menyalurkan kurban kepada kabupaten dan kota di Dapilnya.

“Alhamdulillah, saya rutin melakukan kurban. Sejak tahun 2018, bahkan saya selalu berkomunikasi dengan DPD II Partai Golkar Klaten, Boyolali, Sukoharjo dan Surakarta untuk menyalurkan hewan kurban. Jadi ini bukan yang pertama kali saya melibatkan DPD II Partai Golkar dan kelompok relawan, alhamdulillah sudah rutin,” pungkas Singgih Januratmoko. {golkarpedia}