Tekno  

Ini Sederet StartUp Buatan Elon Musk Yang Bikin Dirinya Tajir Melintir

Elon Musk tercatat sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes 2022. Bahkan kekayaannya pernah menyentuh Rp4.000 triliun dan menjadikannya manusia di era modern pertama dengan harta sebanyak itu.

Harta yang sangat melimpah itu diperoleh Elon Musk dari segudang bisnis yang ia jalankan. Beberapa di antaranya yang memiliki nama besar dan cakupanya sudah mendunia ada Tesla, SpaceX, hingga Starlink.

jarang banyak yang tahu bahwa Elon Musk juga memiliki sejumlah startup yang turut memberikan penghasilan tambahan. Apa saja itu? Berikut daftarnya, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (20/7/2022).

1. Neuralink

Kalian mungkin asing dengan perusahaan bernama Neuralink. Tetapi Elon Musk merupakan salah satu pendiri startup asal San Francisco yang satu ini.

Neuralink sendiri punya ambisi yang cukup gila. Misi perusahaan terdengar seperti di film-film fiksi ilmiah, yakni menghubungkan otak manusia ke komputer.

Neuralink bertujuan untuk mengobati kondisi neurologis mulai dari kelumpuhan hingga depresi. Neuralink sendiri telah mengumpulkan USD205 juta dalam pendanaan Seri C.

Startup Musk ini memiliki 245 karyawan yang terdaftar di LinkedIn dan berada di peringkat #33 dari 50 dalam daftar startup teratas dunia.

2. The Boring Company

Elon Musk juga merupakan pendiri perusahaan bernama The Boring Company. Ini merupakan sebuah startup konstruksi terowongan yang berbasis di Texas yang didirikan pada tahun 2016 lalu.

Salah satu proyek masa depannya adalah “Hyperloop”, yang memungkinkan orang melakukan perjalanan dengan kecepatan 700 mil per jam.

Startup ini bertujuan untuk menghubungkan kota-kota besar di AS.

3. OpenAI

Selain startup yang telah disebutkan di atas, Elon Musk juga diketahui mendirikan OpenAI, sebuah perusahaan penelitian dan pengembangan nirlaba, pada tahun 2015.

Meskipun ia mengundurkan diri dari dewan pada tahun 2018, ia tetap menjadi donatur utama. Perusahaan ini bertujuan memastikan bahwa kecerdasan umum buatan bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

OpenAI adalah salah satu laboratorium penelitian AI terkemuka di dunia, dengan tujuan akhir menjadi perusahaan pertama yang merancang mesin dengan kekuatan belajar dan penalaran dari pikiran manusia.

4. Masih banyak lagi Di luar usaha bisnis inti,

Elon Musk setidaknya memiliki keterikatan dengan tujuh perusahaan tambahan. Ini termasuk Wyoming Steel, sebuah LLC yang dilaporkan telah digunakannya untuk membeli real estat.

Seolah semua itu belum cukup, Elon Musk terus mencoba memiliki perusahaan lain. Yang terbaru dan menjadi kontroversi adalah rencana akuisisi media sosial Twitter.

Meskipun rencana itu telah dibatalkan, sebelumnya telah membagikan beberapa pemikirannya secara publik dan secara pribadi kepada investor, yang akan menjadi arah perusahaan kedepannya.

(Sumber)