News  

Anies Baswedan: Ingatlah! Kemerdekaan RI Hasil Perjuangan Seluruh Bangsa Indonesia

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Inspektur Upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Rabu pagi (17/8).

Dalam amanatnya, Anies menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh elemen di antaranya pimpinan dan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, para anggota Forkopimda, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, para pejuang kemerdekaan dan veteran, serta para seniman dan budayawan yang tidak pernah berhenti mengabdi untuk Jakarta.

“Kemerdekaan Republik Indonesia dinyatakan bukan oleh satu/dua orang atau oleh sekelompok orang yang terdidik, tapi oleh seluruh komponen bangsa.

Untuk itu, ketika kita pada hari ini memperingati kemerdekaan Republik Indonesia, ingatlah bahwa ini adalah perjuangan seluruh bangsa Indonesia,” ungkap Anies.

Adapun tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Oleh karena itu, Gubernur menjelaskan bahwa selama dua tahun ini, khususnya Jakarta, berjuang bersama menghadapi tantangan dan ujian yang berat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengungkapkan, prinsip keadilan yang diterapkan di Jakarta adalah bagaimana membahagiakan warga secara sistematis dan berkelanjutan.

Hal ini mengingat Jakarta selama ini adalah rumah bagi semua kalangan maupun semua suku yang ada di Indonesia dan sebagai barometer nasional.

“Jakarta adalah rumah bagi semua. Karenanya, aspek keadilan, kesetaraan dan pembangunan yang berkelanjutan menjadi perhatian. Melalui penetapan PBB-P2 tahun 2022 ini, kami menunjukkan bahwa instrumen pajak tidak semata sebagai sumber pendapatan, sekaligus sebagai instrumen yang digunakan untuk menghadirkan rasa keadilan untuk warga,” beber Anies.

Di samping itu, eks Rektor Universitas Paramadina itu juga menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta berupaya untuk memulihkan sektor perekonomian, sekaligus memfokuskan perbaikan di seluruh sektor Iainnya.

Sehingga, kemerdekaan Republik Indonesia bisa diartikan sebagai momen kebahagiaan bagi seluruh warga, khususnya di Jakarta.

“Sekali lagi, selamat memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Marilah kita bulatkan dan satukan tekad untuk bersama-sama mewujudkan pemulihan bangsa yang lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Merdeka!” pungkas Gubernur Anies.(Sumber)