Dewi Asmara: Upacara Adat Seren Taun Implementasi Gemah Ripah Loh Jinawi

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Hj Dewi Asmara, didampingi Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Dennys Ali Perkasa dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia menghadiri dan mengikuti upacara adat Seren Taun Kasepuhan Gelar Alam di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/08/2022).

Seren Taun bertajuk Nyoreang Alam Katukang Nyawang Alam Nu Bakal Datang juga dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sukabumi

Rangkaian upacara adat Seren Taun diisi dengan penampilan seni budaya diantaranya prosesi angkat ampih pare ka leuit, saresehan bersama Baris Olot Kasepuhan, Dongdang, Dog-dog Lojor, penampilan seni Debus, Lisung, Rengkong, Gondang Buhun, Tari Tani dan lolongok hasil karya incu putu Kasepuhan.

Di sela kegiatan, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut, momentum Seren Taun merupakan ajang silaturahmi Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dengan Kasepuhan Gelar Alam. Para Kasepuhan meminta dukungan Pemerintah Daerah dalam penataan kawasan Kasepuhan Gelar Alam.

“Tadi disampaikan langsung depan para Kadis yang hadir, bilamana ada kebutuhan baris olot kasepuhan, dalam mendukung penguatan, pengembangan, penataan Gelar Alam dapat dikoordinasikan dengan para Kadis yang mendampingi kunjungan ini, agar di tahun 2023 masuk dalam program prioritas.” ujar Marwan.

“Termasuk dengan kondisi jalan taman nasional, mari kita bersama baris olot mengajukan agar program pembangunan infrastruktur bisa segera terlaksana dalam mendukung program nasional yaitu ketahanan pangan. Serta semoga kedepan kita akan upayakan melalui program TMMD dapat membuka jalan poros tengah dari Pameungpeuk Kabandungan ke Gelaralam dan Cikakak,” tutur orang nomor satu kabupaten Sukabumi.

Di tempat yang sama, Ketua adat Kasepuhan Gelar Alam, Abah Ugi Sugriana Rakasiwi meminta dukungan seluruh unsur dalam pengembangan Gelaralam khususnya dan seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi pada umumnya.

“Termasuk doa semoga Kasepuhan Gelaralam bisa masuk nominasi 10 besar penilaian Kharisma Event Nusantara dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ungkap Abah Ugi.

Sementara itu, Legislator Partai Golkar asal dapil Kabupaten dan Kota Sukabumi Hj Dewi Asmara, menyebut Seren Taun merupakan bentuk implementasi dari gemah ripah loh jinawi dan rasa syukur atas karunia Tuhan atas hasil bumi, sekaligus sebagai sebuah lambang tentang gotong royong dan menjadi kebanggaan kabupaten Sukabumi.

“Selain program pengembangan kampung adat kasepuhan Gelaralam saya juga soroti pengembangan SDM, harapannya generasi muda bisa membentuk kelompok tenaga kerja mandiri. Termasuk menjalankan program infrastruktur padat karya karena terus terang kami sudah merasa sudah menjadi bagian dari keluarga Kasepuhan,” pungkas Dewi Asmara. {golkarpedia}