News  

Ajak Demokrat Gabung, Ujang Komarudin: Wajar KIB Ingin Bikin Koalisi Segemuk Mungkin

Koalisi gemuk yang diinginkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merupakan hal yang wajar. Sebab KIB masih butuh dukungan besar dari partai lain.

Begitu kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menanggapi pernyataan politisi PAN yang setuju dengan wacana koalisi besar dan mengajak Demokrat untuk gabung.

“Saya melihatnya jika KIB ingin memperbanyak atau menambah koalisi dari partai-partai politik yang lain, maka itu hal yang wajar. Karena bagaimanapun KIB itu butuh support atau dukungan dari partai-partai yang lain,” kata Ujang kepada wartawan, Minggu (21/8).

Menurutnya, koalisi besar mempunyai kelebihan dalam menghadapi pertarungan Pilpres 2024. Selain menguntungkan untuk tujuan pemenangan pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres), koalisi besar juga bermanfaat dalam menjalankan roda pemerintahan ketika kelak koalisi berhasil menang.

“Jadi dalam hal ini koalisi akan diusahakan sebesar mungkin, segemuk mungkin. Sebisa mungkin yang dilakukan KIB,” ujarnya.

Selain keuntungan besar dalam koalisi gemuk, tantangan yang muncul juga ada. pertama munculnya banyak pandangan berbeda, sehingga koalisi ditantang untuk bisa menyatukan suara semua partai anggota.

“Minusnya tentu koalisinya gemuk, terlalu banyak pendapat, terlalu banyak perbedaan. Tentu itu harus disatukan, disamakan,” tambah Ujang.

Di satu sisi, semakin besar koalisi juga akan berpengaruh pada kurangnya partai oposisi dalam pemerintahan. Hal ini bisa menganggu mekanisme perimbangan kekuasaan (check and balances).

Padahal mekanisme itu penting untuk mengoreksi serta meluruskan sebuah pemerintahan serta mendorong pertumbuhan ke arah yang lebih baik.

“Tetapi yang harus kita lihat adalah kebutuhan saat ini, ke depan, adalah koalisi gemuk bukan hanya untuk mengamankan 20 persen tiket pilpres, tetapi juga mengamankan pemerintahan ke depan.

Dengan koalisi gemuk tentu pemerintahan akan aman. Hanya saja minusnya akan kekurangan oposisi, tidak ada check and balances,” demikian Ujang.(Sumber)