News  

Wow! Museum Louvre Paris Pecahkan Rekor 10,2 Juta Pengunjung

Museum tak hanya sebagai tempat pelestarian seni dan artefak, museum juga menjadi pusat budaya. Museum juga mempunyai peranan penting dalam memamerkan berbagai macam jenis karya seni.

Seperti dikutip dari detikHOT Rabu (13/2/2019) Musée du Louvre di Paris menempati posisi pertama. Museum terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia itu sepanjang tahun 2018 berhasil mendapatkan 10,2 juta pengunjung.

Awalnya Museum Louvre Paris adalah sebuah benteng dan istana. Tempat bersejarah ini kemudian berubah menjadi museum kelas dunia di tahun 1684. Sejak saat itulah, Louvre Paris menarik minat pencinta seni dengan 38 ribu koleksinya.

Salah satu lukisan yang mendapat sorotan adalah lukisan mahakarya Renaissance seperti ‘Dying Slaves’ Michelangelo, ‘The Wedding Feast at Cana’ karya Paolo Veronese, dan tentu saja ‘Mona Lisa’ ciptaan Leonardo da Vinci.

Di posisi kedua ada National Museum of China yang didirikan pada 2003 dan Metropolitan Museum of Art di New York juga menjadi museum yang populer sejak dibuka 1870 dengan angka 6,69 juta pengunjung.

Posisi ke-4 ada Museum Vatican yang memiliki sejarah unik dengan angka 6,4 juta pengunjung. Serta posisi buncit ada The British Museum di London dengan angka pengunjung 5,9 juta setiap tahun. [detik]