Tekno  

Wow! Fitur Baru WhatsApp Ini Bisa Satukan Banyak Grup WA Hingga Bikin Polling

WhatsApp kembali meluncurkan fitur baru, namanya Komunitas. Fitur yang dirilis secara global ini memungkinkan pengguna menyatukan berbagai grup WA yang berbeda-beda dalam satu wadah.

Sebelumnya, WhatsApp sudah memperkenalkan fitur Komunitas pada April 2022 lalu. Kini fitur tersebut resmi diluncurkan secara global pada Kamis (3/11), dan akan tersedia untuk semua pengguna secara bertahap.

Perusahaan juga menekankan fitur Komunitas ini akan bersifat privat. Artinya, chat yang beredar di komunitas akan dilindungi enkripsi end-to-end.

Dengan Komunitas, kami memiliki tujuan untuk meningkatkan standar tentang cara organisasi berkomunikasi dengan tingkat privasi dan keamanan yang tidak akan ditemukan di platform lain.
– WhatsApp –

Untuk merasakan fitur ini, pengguna bisa mengikuti langkah di bawah ini:
Cara Bikin Komunitas Berisi Banyak Grup WA

Pengguna kini sudah bisa menggabungkan grup-grup kecil menjadi satu di WhatsApp. Begini caranya.
1. Ketuk tab komunitas baru
Jika kamu pengguna Android, letaknya ada di bagian atas chat di Android. Sementara untuk iOS, letaknya da di bagian bawah chat.
2. Mulai Komunitas baru
Pilih grup-grup apa saja yang ingin kamu gabungkan jadi komunitas.
Setelah masuk ke dalam komunitas, pengguna dapat dengan mudah beralih antara grup WA yang tersedia untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Admin bisa mengirim pesan penting kepada semua orang di dalam komunitas.

Berikut beberapa fitur Komunitas di aplikasi WhatsApp yang bisa digunakan:
Reaksi

Reaksi emoji akan hadir di WhatsApp agar pengguna dapat menyuarakan pikiran dan perasaan mereka dengan cepat tanpa membanjiri kolom chat dengan pesan baru.

Admin bisa menghapus pesan
Admin grup akan dapat menghapus pesan yang tidak pantas atau bermasalah yang dikirim oleh anggota grup.

Berbagi File
Pengguna dapat mengirim file berukuran hingga 2 GB sehingga sehingga dapat dengan mudah berkolaborasi dalam berbagai pekerjaan.

Panggilan Suara dengan Lebih Banyak Peserta
WhatsApp call atau panggilan suara di komunitas bisa dilakukan dengan sekali ketukan, dan menampung hingga 32 peserta dalam sekali telepon.

Desain baru akan dihadirkan pada fitur ini untuk makin meningkatkan pengalaman pengguna di saat berkomunikasi secara langsung lebih menjadi pilihan daripada chat.

WhatsApp juga membawa tiga fitur menarik lainnya, yakni kemampuan untuk membuat polling dalam chat, panggilan video hingga 32 orang, dan grup beranggotakan maksimum 1.024 pengguna.

WhatsApp bekerja sama dengan lebih dari 50 organisasi di 15 negara untuk membangun fitur Komunitas. Fitur baru ini, menurut masukan yang diterima, membantu grup dalam mengelola dan mencapai tujuannya lebih baik.

“Ada 12 komunitas di Indonesia yang berkesempatan mencoba fitur Komunitas lebih awal, selama beberapa bulan ini. Diantaranya seperti komunitas Langsung Enak, sebuah komunitas pecinta kuliner populer, dan Play:On Indonesia Community, komunitas penggemar Mini 4WD,” kata Esther Samboh, Manajer Kebijakan Publik WhatsApp untuk Indonesia, dalam pernyataan resmi yang diterima kumparan, Kamis (3/11).

“Kami harap, fitur Komunitas di WhatsApp dapat memungkinkan lebih banyak grup di Indonesia untuk mengatur anggotanya dengan lebih baik di WhatsApp.”(Sumber)