News  

Deal! Anies Baswedan Diusung Koalisi Perubahan

Ini mah bukan sotoy. Tanda-tandanya terbaca dengan jelas. Jejak politik membuka tabir itu. Kabar gembira. Tidak hanya bagi pendukung Anies Baswedan tapi bagi siapa saja yang pro perubahan.

Kabar gembira itu memupus kegalauan para relawan Anies Baswedan. Koalisi tiga partai menghasilkan kursi DPR 28,3 persen. Jauh di atas persyaratan minimum presidential threshold yang 20 persen. Satu-satunya calon presiden yang telah dapat tiket Pilpres 2024.

Apakah tidak mendahului PKS dan Partai Demokrat? Kedua partai ini belum deklarasi Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden. Soal deklarasi itu soal mudah. Ringtone politik mesti diatur. Agar hati dan perasaan publik terpelihara.

Bukankah PKS dan Partai Demokrat masih berebut calon wakil presiden. Itu mah dinamika biasa. Strategi politik mencuri perhatian publik.

Tidak terlalu mengejutkan. Kemesraan Partai NasDem, Demokrat dan PKS sudah terlihat sejak awal. Suasana kebatinan ketiga partai sama. Dua partai oposisi. Satunya lagi mulai dikucilkan oleh partai penguasa.

Tentu kita masih ingat. Wacana Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh tahun 2019 silam. Ketika itu, Surya Paloh dengan lantang akan mencalonkan Anies Baswedan sebagai calon presiden tahun 2024.

Anies Rasyid Baswedan dikenal pula sebagai salah satu deklarator Ormas Nasional Demokrat (NasDem) tahun 2010. Bahkan, Anies Baswedan pula yang membacakan naskah deklarasi Ormas NasDem. Cikal bakal Partai NasDem.

Sementara jejak Anies Rasyid Baswedan di Partai Demokrat sudah terlihat sejak tahun 2013. Ketika itu, Anies Rasyid Baswedan ikut konvensi calon presiden Partai Demokrat.

Bagaimana dengan PKS? Partai dakwah terbuka satu ini terbilang punya hubungan emosional tersendiri dengan Anies Rasyid Baswedan. Partai besutan duet Habib Salim Segaf Al-Jufri dan Ahmad Syaikhu selalu pasang badan ketika Anies Rasyid Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta 2017-2022.

Hubungan baik yang terpelihara dengan baik antara Anies Baswedan dengan ketiga partai itu membuahkan harapan baru. Koalisi Perubahan yang dibentuk tiga partai papan tengah itu bakal mengantarkan Anies Rasyid Baswedan berkantor di Istana Presiden, Insyaallah.

KSA, 13 Rabiul Tsani 1444/8 November 2022
Tarmidzi Yusuf, Ketua Umum JABAR MANIES