Bukan JIS, PSSI Pilih Pakansari Atau Patriot Jadi Kandang Timnas di Piala AFF

PSSI telah menentukan opsi stadion yang akan digunakan sebagai kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. PSSI tidak memilih Jakarta International Stadium (JIS) sebagai opsi, melainkan Stadion Patriot di Bekasi dan Stadion Pakansari di Bogor.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Menpora sebelumnya telah berkomunikasi dengan Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi. Hasilnya, PSSI mengatakan bahwa akan memilih Stadion Patriot atau Stadion Pakansari sebagai kandang skuad ‘Garuda’ di Piala AFF.

Saya sudah komunikasi dengan Sekjen [PSSI], dia akan pilih antara Patriot dan Pakansari,” kata Menpora kepada wartawan di Gedung DPR/RI, Rabu (9/11).

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menginginkan Timnas Indonesia bermarkas di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Namun, jika tidak bisa menggunakan stadion tersebut, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengajukan dua opsi, termasuk JIS di dalamnya.

“Ya, kemarin kami mengajukan dua tempat di Pakansari dan JIS [Jakarta International Stadium]. GBK update terakhir Desember bisa dipakai,” tutur Iriawan kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (8/11).

“Kalau bisa di GBK, ya, di GBK. Kalau enggak, ya, JIS. Kalau itu enggak bisa juga, ya, Pakansari,” sambungnya.

Piala AFF akan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Kompetisi tersebut akan menggunakan sistem home-away. Jadi, setiap tim akan memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang di fase grup.

Adapun Timnas Indonesia tergabung di Grup A. Tim besutan Shin Tae-yong tersebut segrup dengan Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam.(Sumber)