News  

Bamsoet Minta Puteri Indonesia Jadi Duta Pancasila

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Frederika Alexis Cull dari DKI Jakarta 1 yang terpilih menjadi Puteri Indonesia 2019 untuk menjadi Duta yang membumikan Pancasila di berbagai belahan dunia. Semangat Pancasila yang digali dari jati diri bangsa Indonesia oleh Presiden Pertama RI Soekarno terbukti mampu menyatukan 300 kelompok etnik dengan 1.340 suku bangsa di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Banyak negara dunia yang heran kenapa Indonesia yang wilayahnya begitu luas dan penduduknya beraneka ragam, namun sampai hari ini masih tegak berdiri. Tidak ada perpecahan, permusuhan, apalagi perang saudara sebagaimana yang terjadi di berbagai negara besar lainnya. Jawabannya karena kita punya Pancasila,” papar Bamsoet, sapaan akrabnya, usai menjadi juri Grand Final Puteri Indonesia 2019 di Jakarta, Jumat (08/3).

Politisi Partai Golkar itu mengungkapkan bahwa finalis Puteri Indonesia 2019 adalah perempuan terpilih yang suaranya tak hanya didengar oleh orang banyak, melainkan juga punya pengaruh besar. Karenanya, sebelum membumikan Pancasila ke berbagai belahan dunia, terlebih dahulu para finalis harus membumikan Pancasila di hati mereka.

“Pancasila bukan sekadar mantra, melainkan spirit hidup yang menghargai perbedaan dalam bingkai persaudaraan. Sebagaimana Tuhan menciptakan manusia yang pada hakikatnya berbeda-beda, bukanlah untuk membenci atau menyebar benih permusuhan, melainkan untuk saling mengenal satu sama lain,” jelas legislator dapil Jawa Tengah VII itu. [viva]