Fajar/Rian Sukses Juarai Swiss Terbuka

Indonesia berhasil membawa pulang satu gelar juara dari Swiss Terbuka 2019. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tampil sebagai juara di nomor ganda putra.

Pada laga final di St. Jakobshalle, Minggu (17/3/2019), Fajar/Rian yang diunggulkan di tempat keempat menghadapi unggulan delapan asal Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Lin. Bertanding selama 40 menit, Fajar/Rian menang 21-19, 21-16.

Hasil ini menjadi obat kekecewaan bagi Fajar/Rian setelah sepekan lalu terhenti di semifinal All England usai kalah dari pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Kemenangan ini juga menandai gelar pertama pasangan ranking 9 BWF itu di tahun 2019.

“Alhamdulillah hari ini kami bisa bermain dengan baik, di permainan tadi, kami banyak adu drive. Kami unggul di permainan depan dan lawan banyak mengangkat bola, kami lebih sabar,” kata Rian setelah pertandingan.

“Gelar ini pasti menambah percaya diri kami, setelah kalah di semifinal All England minggu lalu dan kalahnya mepet. Mudah-mudahan kedepannya kami bisa lebih baik lagi,” tambah Rian.

Indonesia sesungguhnya mengirimkan dua wakil di final turnamen ini. Namun, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, yang turun di ganda campuran dipaksa menyerah dari pasangan Denmark.

Rinov/Pitha yang menjadi unggulan delapan harus puas menjadi runner-up setelah dikalahkan ganda nonunggulan Mathias Bay-Smidt/Rikke Soby usai berduel tiga gim 18-21, 21-12, 16-21.

Sementara itu, China mengantongi dua gelar juara dari tunggal. Shi Yuqi tampil yang terbaik di tunggal putra usai mengungguli Sai Praneeth Bhamidipati lewat comeback dengan skor 19-21, 21-18, 21-12. Di tunggal putri, Chen Yufei kembali naik podium tertinggi usai menjuarai All England dengan kemenangan dua gim langsung atas pebulutangkis Jepang Saena Kawakami 21-9, 21-16.

Di nomor ganda putri, unggulan empat asal Korea Chang Ye Na/Jung Kyung Eun menang mudah atas unggulan ketiga Nami Matsuyama/Chiharu Shida asal Jepang dengan skor 21-16, 21-13. [detik]