News  

IMI Salurkan Sembako Hingga Bahan Bangunan Untuk Warga NTT Korban Banjir

Ketua pengurus provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Nusa Tenggara Timur (NTT), Gavriel P. Novanto terus gerak cepat melakukan aksi berbagi kasih kepada korban terdampak banjir bandang di Fatuleu Barat, Kabupaten Kupang, NTT. Aksi kemanusiaan itu dilakukan Gavriel Novanto atas kolaborasinya lewat IMI NTT, Club Motor Komodo Moge NTT, Club Mobil Oreo Autoshop dan TXO serta HDCI Surabaya.

Ketua Bidang Organisasi IMI NTT, Sokan B. Teibang kepada media ini mengatakan, pasca mendengar adanya bencana banjir bandang yang melanda wilayah Kabupaten Kupang, ketua IMI NTT Gavriel Novanto langsung bergerak cepat membentuk tim lapangan untuk mengantarkan bantuan kepada korban terdampak di lokasi bencana. Berbagai bantuan seperti sembako hingga bahan bagunan didistribusikan langsung kepada korban terdampak.

“Saat ke lokasi bencana hari Jumat kemarin (30/12/2022), kami membawa bantuan berupa, beras, mie instan, minyak goreng, susu, ikan kaleng, Tikar dan biskuit untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan para korban terdampak. Saat itu kami juga langsung berdialog dengan warga terdampak di lokasi, kami juga mendata berbagai kebutuhan-kebutuhan,” katanya, Senin (02/01/2023) malam.

Sokan yang juga ketua Club The Rock ini menambahkan, setelah melakukan penyerahan bantuan pertama di lokasi bencana, pihaknya melakukan koordinasi sekaligus mendata kebetuhan warga terdampak untuk bantuan kemanusiaan selanjutnya seperti bahan bangunan untuk membantu meringankan rumah-rumah warga yang porak-poranda akibat musiba banjir tersebut.

“Tadi pagi kami pergi (Senin 02/01/2023), kami langsung dengan dump truk ke lokasi dengan membawa berbagai bantuan bahan bangunan, seperti semen, seng, ada juga seng licin hingga paku berbagai ukuran, kami langsung membagi kepada warga terdampak yang rumahnya rusak akibat dari musibah banjir. Semoga dengan bantuan ini bisa membantu meringankan korban terdampak,” ujar Sokan.

Saat distribusi bantuan pertama, Jumat (30/12/2022) lalu, Sokan Teibang juga mengatakan ketika berada di lokasi bencana, Pengurus Provinsi IMI NTT bertemu Pendeta Viktor Toto dan menanyakan apa yang sangat dibutuhkan jemaatnya maupun masyarakat secara umum, sehingga bisa diinformasikan kepada organisasi lain yang ingin ikut membantu.

“Selain kebutuhan pangan, IMI juga akan memberikan bantuan berupa material bangunan untuk memperbaiki atau merehabilitasi rumah masyarakat yang rusak berat. Sampai Kupang saya akan kabarkan kepada pendeta jenis bantuan lain yang akan diberikan IMI NTT,” ungkap Sokan Teibang.

“Saya akan koordinasi dengan teman-teman yang lain untuk bersama mengumpulkan apa yang bisa dikumpulkan, untuk dibawa kembali kesini. Ini bukan yang pertama, besok atau lusa kami akan kesini lagi membawa bantuan kepada pendeta dan semua jemaat disini,” tambahnya.

Pendeta Viktor Toto mewakili jemaat maupun masyarakat secara umum yang terdampak mengucapkan terimakasih kepada IMI NTT, yang telah peduli terhadap kondisi mereka.

Menurut Pendeta Viktor Toto, jika IMI NTT tawarkan untuk memberikan bantuan berupa bahan bangunan, dia dan jemaat sangat berterima kasih karena rumah yang saat ini mereka tinggali sudah tidak layak, dan tidak menjamin keselamatan.

“Katong susah, katong butuh anggaran besar untuk merenovasi atau bangun baru rumah yang rusak saat ini. Belum lagi butuh makanan, karena banjir terjang dengan jam 11 malam sehingga tidak sempat selamatkan barang berharga, maupun makanan,” jelasnya.

“Bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” tutup Pendeta Viktor Toto. {golkarpedia}