Wow! Caleg Golkar Ini Latih Tuna Rungu Jadi Barista

Wow! Caleg Golkar Ini Latih Tuna Rungu Jadi Barista Radar Aktual

Efin Nurtjahja G. melalui organisasi yang didirikannya, Perkumpulan Peduli Nusantara atau PINUS menggandeng El’s Coffee memberi ilmu dasar barista kepada sesama anak bangsa dari kalangan tuna rungu yang tergabung dalam DPD Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) Lampung.

Gagasan Efin untuk mengadakan pelatihan khusus ini disambut baik pimpinan El’s Coffee, Elkana Riswan yang mengutus Barista seniornya, Sadri untuk berbagi ilmu. Pelatihan digelar di El’s Coffee, Teluk Betung, Bandar Lampung, Sabtu (16/3/2018).

Memperhatikan kesungguhan dan antusiasme para warga tuna rungu dalam menerima pelajaran, caleg DPR RI dari Partai Golkar untuk Dapil Lampung 1 nomor urut 2 ini menekankan bahwa mereka berhak mendapat kesempatan yang sama dengan orang-orang normal untuk pekerjaan dan ilmu yang memungkinkan bagi mereka.

GERKATIN Lampung yang diketuai Susanti adalah bagian dari organisasi serupa di seluruh Indonesia. Ada sekitar 250 tuna rungu tergabung di dalamnya.

“Pada umumnya mereka terkendala saat harus mencari pekerjaan. saya yakin kepandaian meracik kopi atau menjadi Barista adalah profesi yang sangat mungkin dilakukan penyandang tuna rungu. Apalagi bila dihubungkan dengan Lampung sebagai provinsi penghasil kopi jenis robusta terbesar, maka sangat layak bila menjadi gudang Barista Indonesia,” ungkap Efin.

Ditambahkan, keharuman pemerintah daerah Lampung akan bertambah wangi bila sukses mencetak barista-barista handal yang melibatkan warga penyandang tuna rungu.

Menurut Efin, potensi besar di industri kopi dan kebutuhan turunannya tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang barista Indonesia asal Lampung mampu menembus pasar profesi di manca negara. “Semangat untuk Lampung!” pungkas Efin.