Raphael Varane Resmi Umumkan Pensiun dari Timnas Prancis

RAPHAEL Varane resmi umumkan pensiun dari Timnas Prancis. Sang bek tengah Manchester United menyampaikan pesan yang sangat emosional dalam pengumuman di akun media sosialnya.

Varane telah melalui tahun-tahun yang luar biasa sebagai pemain Les Bleus – julukan Timnas Prancis. Dia bahkan menjadi sosok kunci dalam keberhasilan mereka menjuarai Piala Dunia 2018.

Baginya, mewakili negara di pentas internasional selama sedekade terakhir adalah suatu kehormatan. Dia pun merasa terhormat dalam setiap kesempatan mengenakan seragam biru Prancis.

“Saya telah memikirkannya selama beberapa bulan dan memutuskan bahwa inilah saat yang tepat bagi saya untuk pensiun dari sepak bola internasional,” kata Varane dalam pengumuman pensiun di Instagram pribadinya, @raphaelvarane, Kamis (2/2/2023).

Keberhasilan Prancis meraih trofi Piala Dunia 2018 menjadi momen yang membanggakan bagi eks bek Real Madrid ini. Dia menyamai keberhasilannya itu dengan skuad Timnas Prancis pada 20 tahun sebelumnya, yaitu pada 1998, ketika menjadi juara sebagai tuan rumah.

“20 tahun kemudian, saya memiliki salah satu pengalaman terindah dalam hidup saya, yang membuat saya sangat bangga. Kami membawa pulang Piala!!” tambah Varane.

Varane menyebut bahwa dirinya tidak akan pernah melupakan perasaan pada tanggal 15 Juli 2018 silam. Dia menyebutnya sebagai hari paling berkesan dalam hidup.

Dia melanjutkan tentang sang pelatih Didier Deschamps, staf, dan juga rekan-rekan setim di Timnas Prancis. Bek berusia 29 tahun juga menyinggung masyarakat Prancis selaku fans yang terus mendukung dirinya dan juga rekan-rekan setim.

Kemenangan yang kami raih bersama ini tidak akan pernah mungkin terjadi tanpa dukungan dari Didier Deschamps, dari setiap anggota manajemen dan staf kami selama bertahun-tahun ini, dari rekan satu tim saya yang membela baju kami di setiap pertandingan kami,” tulisnya.

Raphael Varane

Di pengujung, pemain Manchester United ini membeberkan alasannya untuk gantung sepatu dari kancah tim nasional. Baginya, ini adalah persoalan memberikan kesempatan kepada para pemain yang lebih muda untuk bersinar mengisi posisinya.

“Kami memiliki sekelompok pemain muda berbakat yang siap mengambil alih, yang pantas mendapatkan kesempatan dan yang membutuhkan Anda,” tutupnya.

Raphael Varane pensiun dengan mengemas 93 caps bersama Timnas Prancis. Dia mencetak lima gol dan tiga assist sejak debut pada 22 Maret 2013. Kala itu, Timnas Prancis sukses mengalahkan Georgia dengan skor 3-1 pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2014.(Sumber)